Jum’at, 17 Mei 2019 17:31

Pansus Ranperda Pembiayaan Haji dan Umroh DPRD Bengkalis Stuban ke Sumbar

Pansus Ranperda Pembiayaan Haji dan Umroh DPRD Bengkalis ke Sumbar. Studi banding soal regulasi tersebut.

Riauterkini-BENGKALIS- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis berkomitmen untuk membantu meningkatkan layanan jemaah haji di Kabupaten Bengkalis baik layanan transportasi, konsumsi maupun layanan lainnya. Bersama DPRD Bengkalis Ranperda terkait Pembiayaan Transportasi Haji Daerah kemudian dikonsultasikan ke berbagai daerah agar Perda yang disusun nantinya selaras dengan regulasi penyelenggaraan ibadah haji dan umroh.

Pansus Ranperda Pembiayaan Jemaah Haji kemudian melakukan studi banding ke Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat sebagai salah satu daerah yang telah memiliki Perda sejenis dan telah mendapatkan penghargaan dari Kemenag terkait penyelenggaraan ibadah haji.

Bertempat di Biro Bina Mental dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Pansus yang saat itu dipimpin oleh Syahrial bersama anggota diterima oleh Kabiro Bina Mental Kesra, Kabid PHU (Penyelenggara Haji dan Umroh) Drs. Afrizal, dan UPT Asrama Haji Padang H. Ali Amran, Kamis (16/5/19).

"Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis menginginkan agar jemaah haji khususnya masyarakat Kabupaten Bengkalis mendapatkan fasilitas terbaik, payung hukum serta memberikan kemudahan bagi jemaah haji dalam menjalankan ibadah haji mulai dari keberangkatan hingga kepulangan sehingga bisa meminimalisir kekurangan atau kendala di lapangan," ungkap Syahrial.

Sementara itu, Kabid PHU Drs. Afrizal mengatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota bertanggungjawab sepenuhnya mengantarkan jemaahnya dengan selamat ke embarkasi haji.

"Bentuk dan proses layanannya tergantung kepada kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota masing-masing, dan kebijakan tersebut tergantung dari kemampuan daerah. Ini dialokasikan di Kesra Kabupaten/Kota," terangnya.

Di Sumatera Barat sendiri item-item anggaran biasanya pihak Kemenag Kasi Haji Daerah yang mengajukan ke Pemda, transportasi jemaah haji dari daerah sampai ke UPT dengan segala kelengkapan, termasuk dengan makan dan minum, kesehatan, seragam dan lain-lain ditanggung oleh Pemerintah Daerah. Setiap daerah memberikan pelayanan terbaiknya untuk mengantarkan jemaah haji.

Untuk transportasi jemaah diberikan fasilitas bus terbaik yang didalamnya juga lengkap dengan petugas keselamatan, kesehatan, informasi, dan tim lainnya. Ketertiban Jemaah juga diatur dengan baik oleh petugas yang bekerja. 

"Koordinasi antara Pemerintah Daerah maupun Provinsi sangat penting, sehingga segala persiapan yang dilakukan untuk jemaah haji berjalan dengan baik," katanya lagi.

Kepala Biro Bina Mental dan Kesra menuturkan untuk pelayanan jemaah haji ini perlu terus ditingkatkan dan mencari inovasi-inovasi terbaru demi pelayanan terbaik. Untuk masalah transportasi hal-hal spesifik dikatakannnya bisa dimasukkan kedalam Ranperda.

Diakhir pertemuan, Syahrial mewakili seluruh anggota Pansus mengucapkan terima kasih atas segala informasi yang lengkap diberikan oleh pihak Biro Bina Mental dan Kesra Sumatera Barat. Informasi ini nantinya akan menjadi panduan bagi Pemda bersama DPRD Bengkalis untuk menyempurnakan Ranperda sebelum disahkan. Pemda Bengkalis juga akan terus berkoordinasi dengan pihak provinsi terkait pemberangkatan jemaah haji.***(dik/rls)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang