Kamis, 9 Mei 2019 15:31

Duta Lingkungan Pekanbaru Adakan Kelingan x Doling di PA As Shohwah

Aulia Andiri dan Winda Sari, dua Duta Lingkungan Pekanbaru menggelar kampanye penyelamatan lingkungan melalui dongeng di Panti Asuhan As Shohwah. Kampanye ini mendapat sambutan antusias anak-anak.

Riauterkini-PEKANBARU-Duta Lingkungan Pekanbaru adakan “Kelingan x Doling” di panti asuhan As-Shohwah Pekanbaru. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara tim Doling (Dongeng lingkungan) program kerja mandiri Aulia Andhini (Juara 1 Duta Lingkungan Pekanbaru 2018-2020) dan Kelingan (Kelas Asik Lingkungan) program kerja Winda Sari (Juara 3 Duta Lingkungan Pekanbaru 2018-2020) bersama dengan Komunitas Duta Lingkungan Pekanbaru.

Doling atau Dongeng Lingkungan merupakan kampanye lingkungan yang dilakukan secara kreatif melalui dongeng. Diharapkan Doling dapat menjadi media pembelajaran tambahan untuk memberikan pemahaman kepada generasi muda akan gaya hidup ramah lingkungan.

Sementara Kelingan atau Kelas Asik Lingkungan merupakan kelas pembelajaran khusus membahas tentang pengelolaan sampah. Harapannya, generasi muda saat ini mampu mengelola sampahnya secara mandiri.

Kolaborasi tim doling dan tim kelingan ini merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh Duta Lingkungan Pekanbaru agar menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan sedari dini. Melalui dongengnya yang mengangkat isu bahaya sampah plastik bagi makhluk hidup, Aulia berharap adik-adik di panti asuhan tidak membuang sampah sembarangan, mengurangi penggunaan sampah plastik, dan menjadi duta pejuang lingkungan yang bisa mengajak orang di sekelilingnya untuk cinta terhadap lingkungan.

Pada sesi Kelingan, Winda menguraikan tentang bagaimana mengelola sampah secara mandiri. Seperti mengubur sisa-sisa makanan agar bisa terurai, memilah-milah sampah non-organik seperti plastik, botol, kaleng, dan kaca untuk ditabung ke bank sampah. Adik-adik panti asuhan sangat antusias mendengarkan dongeng dari Aulia dan pemaparan materi dari Winda.

Selain doling dan materi kelingan, dalam kegiatan ini juga dilakukan pembagian botol minum gratis kepada adik-adik. Hal ini bertujuan untuk mengajak adik-adik panti asuhan untuk ikut andil dalam gerakan hemat plastik.*(rls)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang