Sabtu, 27 April 2019 15:08

Melalui RAC Perdana, PASI Rohul Jaring Atlet untuk Hadapi Porprov Riau 2021

PASI Kabupaten Rokan Hulu mulai melakukan penjaringan atlet untuk persiapan menghadapi Porprov Riau X tahun 2021.



Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Ratusan atlet atletik se-Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), mengikuti Rohul Athletics Competition (RAC) yang dipusatkan di Kampus Universitas Pasir Pengaraian (UPP) dimulai Sabtu pagi (27/4/2019).

Ada enam nomor pertandingan pada Rohul Athletics Competition diprakarsai Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kabupaten Rokan Hulu selama dua hari, mulai 27 April sampai 28 April 2019.

Adapun enam nomor dipertandingkan, yaitu nomor Lempar Lembing, ‎Lempar Cakram, Tolak Peluru, Lompat Jauh, Lompat Tinggi, serta nomor Lari 100 meter.‎ Atlet atletik peraih nilai terbaik sendiri akan menerima tropy dan penghargaan.

Ketua Umum PASI Kabupaten Rokan Hulu Khairul Fahmi MT, didampingi Ketua Panitia Ridwan Sinurat, mengaku kompetisi RAC atau penyaringan atlet atletik pertama di Kabupaten Rokan Hulu ini bertujuan untuk mengumpulkan dan menjaring atlet atletik dari enam nomor.

Fahmi menuturkan RAC perdana ini untuk menjaring serta persiapan PASI Rokan Hulu dalam mencari bibit handal untuk menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau X tahun 2021 yang rencananya akan digelar di Kabupaten Kuantan Singingi atau Kuansing.

Bagi atlet atletik terbaik akan dibina oleh PASI Rokan Hulu selama 2 tahun, sehingga kemajuan atau perkembangan bisa dipantau, dan mereka siap diturunkan di Porprov Riau dua tahun mendatang.

"Kalau memang memungkinkan, kita berharap nanti atlet keluaran dari RAC ini akan kita bawa untuk persiapan Porprov mendatang," jelas Fahmi, Sabtu.‎

Melalui ajang tersebut, Fahmi mengharapkan seluruh atlet atletik Rokan Hulu serius mengikuti kompetisi yang baru pertama digelar tersebut, sehingga benar-benar lahir atlet handal dan jadi kebanggaan bagi daerah berjuluk Negeri Seribu Suluk.

"Kita berharap para atlet yang mengikuti ajang kompetisi hari ini dapat mengikutinya dengan serius, karena ini akan dinilai," harap Fahmi.‎

Fahmi yang juga menjabat Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Rokan Hulu‎ juga berharap dari kompetisi selama dua hari tersebut dapat menghasilkan atlet atletik berprestasi.

"Para atlet yang mengikuti kompetisi hari ini bebas tidak ada batas usia. Jadi yang terbaiklah yang akan kita persiapkan untuk Porprov ke depannya," tambah Fahmi yang juga menjabat Wakil II Rektor UPP.

Sementara, Sekretaris KONI Rokan Hulu Muhibban mengharapkan seluruh atlet yang mengikuti RAC untuk bertanding sportif dan menunjukkan hasil maksimal. Menurutnya, kompetisi tersebut akan jadi acuan PASI dalam mencari bibit berprestasi untuk mewakili Rokan Hulu di Porprov Riau 2021.

"Kami dapat informasi dari panitia, jumlah peserta yang sudah sangat luar biasa sekali. Walaupun barangkali masih belum mewakili seluruh kecamatan, tetapi alhamdulillah lebih dari 50 persen keterwakilan kecamatan yang ada di Kabupaten Rokan Hulu," jelasnya.

Muhibban menambahkan bila tidak ada kendala atau halangan, KONI Rokan Hulu juga akan menggelar Pekan Olahraga pada Oktober 2019. Ia mengimbau seluruh atlet lebih mempersiapkan diri.‎***(zal)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang