Kamis, 18 April 2019 14:59

102 Operator‎, Mekanik dan Sopir di Dinas PUPR Rohul Lulus Uji Kompetensi Alat Berat

Sebanyak 102 operator alat berat, mekanik, dan sopir di Dinas PUPR Kabupaten Rokan Hulu (telah mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Uji Kompetensi Operator Alat Berat, pada 1 April hingga 4 April 2019.

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Sebanyak 102 operator alat berat, mekanik, dan sopir di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) telah mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Uji Kompetensi Operator Alat Berat, pada 1 April hingga 4 April 2019.

Bimtek Uji Kompetensi Operator Alat Berat‎ merupakan kerjasama‎ Dinas PUPR Kabupaten Rokan Hulu bersama Balai Material dan Peralatan Kontruksi Balai Jasa Kontruksi Wilayah I Banda Aceh, Universitas Pasir Pengaraian, dan Tim Penguji atau Asesor dari Lembaga Pengembangan Jasa konstruksi (LPJK) Riau.

Kepala Dinas‎ PUPR Kabupaten Rokan Hulu Anton ST, MM, mengatakan 102 operator, mekanik dan sopir yang mengikuti uji kompetensi alat berat tersebut dinyatakan lulus 100 persen.

"Alhamdulillah sebanyak 102 operator, mekanik dan sipir yang mengikuti uji kompetensi berhasil lulus. Dengan begitu 102 orang ini sudah bersertifikasi," jelas Kepala Dinas PUPR Rokan Hulu, Anton, Kamis (18/4/2019).

Anton mengungkapkan pada uji kompetensi yang lalu, ratusan operator alat berat, mekanik, dan sopir dari empat UPTD kecamatan dan seluruh UPTD di Dinas PUPR Rohul mengikuti tiga bidang pengujian, yakni pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), dan sikap kerja (attitude).

Tujuan dari uji kompetensi yang dilakukan sendiri yaitu untuk melatih dan membina tenaga operator alat berat, mekanik dan sopir Dinas PUPR Rokan Hulu, sehingga mereka mengerti cara perawatan dan pengoperasian alat milik dinas.

"Adanya Bimtek (uji kompetensi) ini tentunya para opreator akan mahir dan mampu pengoperasian peralatan, perbaikan peralatan, maupun pelaksanaan pekerjaan di lapangan," ujarnya.

Anton mengharapkan setelah mengikuti Bimtek Uji Kompetensi Operator Alat Berat, seluruh peralatan‎ kerja milik Pemkab Rokan Hulu, baik alat berat, dump truk dan lainnya dapat bekerja maksimal, dan hasil diperoleh dapat memuaskan masyarakat.

Pada uji kompetensi sendiri sedikitnya ada empat alat yang diujikan kepada para operator, mekanik dan sopir, yakni alat berat jenis excavator, backhoe loader, dump truk, dan bomag.

Anton mengharapkan peserta yang dinyatakan lulus uji kompetensi tentunya sudah mampu dan bisa mempertanggungjawabkan apa yang akan mereka laksanakan di lapangan.

"Semoga dengan lulusnya operator ini seluruh pekerjaan di lapangan berjalan maksima," pungkas Kepala Dinas PUPR Rokan Hulu, Anton.***(zal)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang