Ahad, 14 April 2019 17:49

‎Hari Pertama Baru 5 Kecamatan, Pendistribusian Logistrik Pemilu 2019 di Kabupaten Rohul Selama Tiga Hari

KPU Rohul mulai mendistribusikan logistik Pemilu 2019 ke seluruh kecamatan. Pengiriman dijadwalkan selaama tiga hari.

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mulai mendistribusikan logistik Pemilu 2019 di 16 kecamatan. Proses pendistribusian sendiri dilakukan selama tiga hari.

Di hari pertama proses pendistribusian,‎ Ahad sore (14/4/2019), KPU Rokan Hulu baru mendistribusikan logistik Pemilu 2019 menggunakan 22 truk ke lima kecamatan‎.

Puluhan truk pengangkut logistik Pemilu dilepas Sekretaris Daerah (Sekda) Rokan Hulu H. Abdul Haris S.Sos, M.Si, dari lapangan Kantor Bupati, didampingi Kabid Propam Polda Riau Kombes Pol Agus Sutrisno SIK‎.

Hadir juga Kapolres Rokan Hulu AKBP M. Hasyim Risahondua SIK, M.Si, dan Waka Polres‎ Kompol Willy Kartamanah, Ketua KPU Rokan Hulu Elfendri dan Komisioner KPU Rokan Hulu, Komisioner Bawaslu Rokan Hulu Gummer Siregar S.Ag,‎ dan Danramil 02/ Rambah Kapt Inf Junaedi.

‎Berdasarkan catatan KPU Rokan Hulu, logistik Pemilu 2019 yang berisikan kotak suara dan bilik suara diangkut menggunakan 22 truk,‎ disesuaikan dengan kecamatan masing-masing.

Seluruh logistik akan disimpan di Kantor Camat masing-masing, dan dijaga ketat personel polisi dari jajaran Polres Rokan Hulu.

Pada hari pencoblosan, Rabu (17/4/2019), seluruh logistik akan diantar ke 1.515 TPS yang tersebar di 145 desa/ kelurahan, untuk dicoblos sebanyak 314.646 pemilih di Kabupaten Rokan Hulu yang telah diakomodir surat suaranya.

Elfendri mengungkapkan untuk logistik ke Kecamatan Pendalian IV Koto diangkut 2 truk, Tandun diangkut 5 truk,‎ Rambah Samo diangkut 4 truk, Bonai Darussalam diangkut 4 truk, dan Kecamatan Kunto Darussalam diangkut oleh 7 truk.

Di hari kedua, Senin (15/4/2019), sambung Elfendri, logistik Pemilu akan didistribusikan ke tujuh kecamatan. Sedangkan di hari ketiga, Selasa (16/4/2019), logistik Pemilu didistribusikan ke empat kecamatan.

‎Elfendri mengaku baru bisa mendistribusikan logistik Pemilu di lima kecamatan karena beberapa hal, yakni terkait letak geografis, dan tergantung kesiapan surat suara yang ada, persiapan personel.

‎"Hari ini 22 armada yang terbanyak ke Kunto Darussalam 7 armada," jelasnya.

Elfendri mengharapkan pendistribusian logistik berjalan lancar sesuai dengan SOP. Setibanya di kecamatan, logistik akan disimpan di Kantor Camat dan dijaga ketat aparat Kepolisian.

"Sesegera mungkin pihak PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) mendistribusikan ke tingkat terbawah‎, yaitu sampai ke TPS," pungkas Elfendri.

Sementara, Kapolres Rokan Hulu AKBP M. Hasyim Risahondua mengaku sejauh ini pendistribusian logistik ke lima kecamatan berjalan aman. Seluruh personel telah diploting, sesuai tugasnya masing-masing.

Kapolres mengungkapkan untuk pengamanan Pemilu 2019 di Kabupaten Rokan Hulu, sekira 600 personel diterjunkan, baik itu masa tenang, pengamanan, sampai pengamanan TPS.

"Dan pada hari ini pendistribusian ke lima kecamatan‎, kemudian anggota juga sudah dibagi.‎ Dan sampai tujuan di Kantor Camat sudah ada anggota juga yang mengawal," jelas Kapolres.

‎"Nanti pada saat pelaksanaan sampai ke TPS ada juga anggota yang mengawal," pungkas AKBP M. Hasyim, dan berpesan kepada personel di lapangan untuk tetap disiplin, tanggung jawab, dan selalu menjaga beban tugas yang telah diberikan pimpinan.

Sebelumnya, Sekda Rokan Hulu Abdul Haris mengatakan Pemda siap membantu dan mendukung KPU dalam mensukseskan Pemilu 2019.‎

Abdul Haris mengharapkan proses pendistribusian logistik berjalan aman dan lancar. Ia mengaku telah mengintruksikan Kepala Satpol PP, Camat sampai Kepala Desa untuk ikut mengawasi jalannya pemilu, sehingga proses berjalan aman dan lancar.***(zal)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang