Ahad, 14 April 2019 17:00

Bawaslu Rohul Gandeng Satpol PP Tertiban APK di 16 Kecamatan

Bawaslu meminta bantuan Satpol PP Rohul untuk membantu menurunkan ratusan APK yang tersebar di 16 kecamatan. Penertiban ini dimulai sejak hari ini.

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Setelah memasuki masa tenang kampanye, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mulai melakukan penertiban seluruh alat peraga kampanye (APK), Ahad (14/4/2019).

Ketua Bawaslu Rokan Hulu Fajrul Islami Damsir SH, MH, mengaku untuk p enertiban APK pihaknua bekerja sama dan berkoordinasi dengan Satpol PP Rokan Hulu.

"Penertiban APK mulai tanggal 14 sampai tanggal 16 (April 2019). Kalau menurut ketentuan Undang-Undang itu dimulai dari hari ini," jelas Fajrul usai melepas Tim Patroli Satgas Anti Politik Uang di Taman Kota Pasirpangaraian, Ahad.

Fajrul mengungkapan penertiban di hari pertama, Bawaslu bersama personel Satpol PP Rokan Hulu menertibkan seluruh APK di jalan protokol, yakni dari Pasirpangaraian ke arah Tambusai. Selanjutnya, dari Pasirpangaraian ke Kecamatan Kabun.

"Ada dua mobil. Satpol PP menyiapkan mobil truk Dalmas nanti kita bagi nanti, satu mobil ke utara dan satu mobil lagi ke barat, menertibkan di jalan-jalan protokol," ungkapnya.

Sedangkan untuk penertiban di daerah kecamatan dan pedesaan, sambung Fajrul, pihaknya akan berkoordinasi dengan seluruh Panwaslu kecamatan.

‎"Nanti akan dimaksimalkan dengan kawan-kawan di kecamatan yang untuk di desa-desa. Di wilayah desa atau, di titik-titik yang di luar jalan protokol," tambahnya.

Fajrul mengharapkanpeserta Pemilu untuk ikut serta dalam menertibkan APK‎, sebab selama ini untuk penertiban biasa dilakukan Bawaslu Rokan Hulu yang bekerjasama dengan personel Satpol PP.

"Harapan kami tentunya kepada peserta Pemilu. Kalau amanatnya memang ke peserta Pemilu yang membuka APK, tapi entah mungkin memang kesibukan luar biasa peserta Pemilu itu sendiri," katanya.

"Ada aturan dan mekanisme di minggu tenang ini harus netralisir atau sterilisasi terhadap APK ataupun bahan-bahan kampanye di minggu tenang," tambahnya lagi.

Fajrul menambahkan penertiban‎ APK sampai pedesaan bertujuan untuk menjaga kondisional, sehingga Pemilu 2019 betul-betul Jurdil, Luber, bermartabat dan bermanfaat di masyarakat.

"Ini harapan besar kami di Bawaslu (Rokan Hulu)," pungkas Fajrul.***(zal)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang