Rabu, 10 April 2019 14:23

Walikota Pekanbaru: Bebaskan Pekanbaru dari Sampah, Wajib Lakukan hal Ini

Selalu kebanjiran saat musim hujan, warga Pekanbaru diimbau untuk tidak membuang sampah ke dalam parit atau sungai. Demikian imbauan Walikota Firdaus.

Riauterkini - PEKANBARU - Kondisi Pekanbaru saat ini sangat memprihatinkan pasalnya di setiap hujan lebat kawasan kota selalu saja terendam banjir. Penyebab utamanya adalah banyaknya tumpukan sampah yang menyumbat drainase sebagai tempat lewat ya air hujan tersebut.

Menangapi hal ini, Walikota Pekanbaru, DR Firdaus ST MT didampingi Plh Sekda Kota Pekanbaru, Azwan mengatakan untuk membebaskan Kota Pekanbaru dari sampah setiap elemen masyarakat Kota Pekanbaru wajib melakukan tiga hal. Pertama Komitmen, Kedua Konsisten dan yang terakhir Konsolidasi.

"Jika tiga hal itu sudah dijalankan maka tidak akan ada lagi tumpukan sampah yang menjadi penyebab utama banjir," ungkap Firdaus kepada wartawan, Rabu (10/4/2019).

Dijelaskannya, kebersihan Kota Pekanbaru tidaklah statis tapi dinamis setiap menit saja selalu ada perubahan. Maka dari itu pemerintah dan masyarakat harus berkomitmen untuk menjaga kebersihan kota ini. Konsisten, itu juga harus dimiliki karena menjaga kebersihan sifatnya terus-menerus. Konsolidasi ini adalah keterlibatan seluruh pihak.

"Sebagai contoh beberapa waktu lalu Pemerintah Provinsi Riau yang dimotori Gubernur Riau melakukan gotong royong bersama. Itu adalah bentuk kepedulian pemerintah Provinsi terhadap ibu kota Provinsi Riau sekaligus cambuk kepada pemerintah Kota Pekanbaru untuk lebih baik lagi, " jelasnya.

Lanjut, Walikota Pekanbaru sangat prihatin dengan tingkat kesadaran masyarakat yang rendah dalam hal menjaga tiga hal tersebut. Sehingga tumpukan sampah sulit untuk diatasi.

" Sebagai masyarakat yang baik kita wajib mengetahui tentang hal dan kewajiban. Namun sayang banyak warga yang hanya menuntut hak mereka namun kewajibannya terlupakan. Contohnya mereka menuntut bersih namun mereka lupa menyiapkan tempat untuk pembuangan sampah.

"Untuk itu mari kita bersama meningkatkan komitmen, konsisten dan konsolidasi dalam hal menjaga kebersihan kota Pekanbaru," singkatnya. (dan)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang