Selasa, 9 April 2019 10:08

Dimeriahkan Pesta Kembang Api, Belasan Ribu Masyarakat Hadiri Pembukaan MTQ XIX Kabupaten Rohul 2019

MTQ ke-XIX Kabupaten Rokan Hulu dibuka dengan kemeriahan pesta kembang api. Disaksikan belasan ribu warga. Berikut ini galeri fotonya.

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XIX tingkat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) tahun 2019, dipusatkan di Astaqa MTQ Provinsi Riau, resmi dibuka Bupati Rokan Hulu H. Sukiman pada Senin malam (8/4/2019).

Sebelumnya, Senin sore, Bupati Sukiman juga melepas peserta Pawai Ta'aruf Pembukaan MTQ XIX Kabupaten Rokan Hulu di Jalan Tuanku Tambusai, Pasirpangaraian yang diramaikan puluhan mobil hias, perwakilan dari 16 kecamatan.

Pawai ta'aruf yang dihadiri puluhan ribu masyarakat dan pelajar dari 16 kecamatan tersebut turut dihadiri Ketua DPRD Rokan Hulu Kelmi Amri SH, Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hulu H. Abdul Haris S.Sos, M.Si, Forkompinda, dan para kepala OPD di lingkungan Pemkab Rokan Hulu.

Tidak kalah dengan pawai ta'aruf, malam Pembukaan MTQ XIX tingkat Kabupaten Rokan Hulu juga tak kalah meriah yang turut dihadiri Plt Kakanwil Kemenag Riau H. Muhammad Saman, Forkompinda, serta Ketua Tim Penggerak PKK Rokan Hulu Hj. Peni Herawati, para Camat, dan segenap undangan.

Acara dibuka dengan defile kafilah dari 16 kecamatan, dilanjutkan dengan Tari Tepak Sirih melibatkan sekira 50 penari yang merupakan siswi binaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Rokan Hulu, dan doa oleh Plt Kakanwil Kemenag Riau H. M. Saman.

Ketua Umum Pelaksana MTQ XIX Kabupaten Rokan Hulu Ir. Muhammad Ruslan‎ M.Si,‎ menjabat Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setdakab Rokan Hulu, melaporkan bahwa MTQ ke-19 didanai APBD dari DPA Sekretariat Daerah Kabupaten Rokan Hulu Bagian Kesra.

Maksud dan tujuan digelarnya MTQ sendiri, sambung M. Ruslan, untuk menimbulkan rasa cinta masyarakat terhadap Alquran, dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, dan mengundang rahmat Allah dengan bacaan-bacaan ayat suci Alquran.

Ruslan mengatakan tujuan dari MTQ juga sekaligus mencari bibit qori dan qoriah terbaik Rokan Hulu, hafidz dan hadidzah, khottot dan Khottotoh, group Syarhil dan Group Fahmil terbaik, sebagai utusan Rokan Hulu‎ mengikuti MTQ Riau 2019 yang akan dilaksanakan di Bangkinang Kabupaten Kampar.

Pada MTQ XIX Kabupaten Rokan Hulu yang dilaksanakan selama 7 hari, mulai 8 April sampai 14 April 2019, ungkap Ruslan, ada 5 cabang yang diperlombakan, yakni Cabang Tilawatil Qur'an, Hifzil Qur'an/ Tahfidz, Khattil Qur'an, Syarhil Quran, dan Cabang Fahmil Qur'an.

Ruslan menambahkan MTQ XIX Kabupaten Rokan Hulu 2019 diikuti sebanyak 526 orang peserta atau qori dan qoriah yang berasal dari 16 kecamatan. Bagi juara terbaik pertama, dua dan tiga, serta juara harapan satu, dua dan juara harapan ketiga mendapat uang pembinaan dan piala.

‎Masih di tempat sama, Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Riau Masrul Kasmi,‎ membacakan pidato Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar M.Si, menyampaikan helatan MTQ yang digelar rutin setiap tahun telah menjadi media dakwah di Bumi Lancang Kuning.

Menurut Gubri, umat Islam wajib mempelajari dan memahami isi dari kandungan kitab suci Alquran. Ia mengajak masyarakat Rokan Hulu untuk terus membumikan Alquran di dalam keluarga di tengah era globalisasi yang semakin canggih dan mengkhawatirkan.

‎Sementara itu, sebelum memberikan sambutannya Bupati Rokan Hulu Sukiman menyerahkan Piala Bergilir MTQ Rokan Hulu dari Camat Rambah Fathanalia Putra. Piala tersebut selanjutnya diserahkan kepada M. Ruslan, selaku Ketua Umum Panitia Pelaksana MTQ XIX Tingkat Kabupaten Rokan Hulu 2019.

MTQ XIX Tingkat Kabupaten Rokan Hulu resmi dibuka oleh Bupati Rokan Hulu Sukiman yang ditandai dengan suara sirene serta atraksi puluhan kembang api, yang menjadi perhatian masyarakat.

Bupati Sukiman dalam sambutannya berharap dari helatan MTQ tersebut, masyarakat ikut memaknai dan arti dari kandungan isi Alquran. Ia mengajak generasi muda Negeri Seribu Suluk harus menjadi pribadi Alquran.

Ia juga berharap helatan MTQ yang baru akan berakhir‎ 14 April berjalan aman, lancar dan tertib. Masyarakat‎, terutama kaum muda diajak Bupati untuk ikut membumikan Alquran di Negeri Seribu Suluk.

"Harapan kita pertama melalui MTQ dapat menghasilkan anak-anak kita yang terbaik," kata Bupati.

Selain itu, Bupati Sukiman menambahkan sebelum MTQ Riau 2019, para juara MTQ XIX Tingkat Kabupaten Rokan Hulu juga akan menjalani training center, sehingga diharapkan prestasi terus meningkat.

Malam Pembukaan MTQ XIX Kabupaten Rokan Hulu ditutup dengan tarian massal "Rokan Hulu Dalam Gerak Religi" yang dilakukan sebanyak 150 pelajar SMP Islam dan Madrasah Aliyah Kepenuhan, kerjasama Disparbud Rokan Hulu dengan Disdikpora Rokan Hulu.***(Adv/Pemkab Rokan Hulu)****
Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman, didampingi segenap Forkompinda, Ketua DPRD Rokan Hulu Kelmi Amri SH, Sekda Rokan Hulu H. Abdul Haris S.Sos, M.Si, melepas peserta pawai ta'aruf Pembukaan MTQ XIX Tingkat Kabupaten Rohul di Jalan Tuanku Tambusai, Pasirpangaraian, Senin sore (8/4/2019).
 
Puluhan ribu peserta termasuk pelajar ikut meramaikan pawai ta'aruf Pembukaan MTQ XIX Tingkat Kabupaten Rohul 2019.
 
Bupati Rohul Sukiman dan Forkompinda menyapa para peserta pawai ta'aruf yang melewati panggung.
 
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Rohul Hj. Peni Herawati juga menyapa peserta pawai ta'aruf.
 
Setelah pawai ta'aruf, Senin malam (8/4/2019), Bupati Rohul Sukiman secara resmi membuka MTQ XIX Tingkat Kabupaten Rohul tahun 2019 di Lapangan Pematang Baih atau Purna MTQ Riau di Desa Pematang Berangan Kecamatan Rambah.
 
Bupati Rohul bersama Forkompinda, serta perwakilan Gubernur Riau menekan tombol sirene, tanda dimulainya MTQ XIX Tingkat Kabupaten Rohul 2019.
 
Puluhan kembang api dilepaskan panitia, membuat acara seremoni MTQ XIX Tingkat Kabupaten Rohul 2019 semakin meriah.
 
Setelah acara berakhir, Bupati Rohul Sukiman foto bersama Forkompinda dan perwakilan Gubernur Riau.



 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang