Ahad, 17 Maret 2019 10:53

Cuaca Ekstrim Juni Sampai Agustus, Gubri Minta Antisipasi Karhutla Sejak Dini

Cuaca terik di Riau diprediksi sampai Agustus. Karena itu Gubri menghimbau Karlahut dicegah sejak awal.

Riauterkini - PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar minta seluruh pihak terjait agar terus berupaya melakukan pencegahan dan penanggulangan semaksimal mungkin agar Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) tak meluas.

Terlebih pada Juni sampai Agustus nanti Riau akan dilanda cuaca ekstrim. Intensitas hujan juga diprediksi kecil akan turun. Dengan temperatur panas itu dikhawatirkan berdampak meluasnya Karhutla.

"Ini cuaca panas yang kita rasakan sekarang ini belum seberapa. Nanti puncaknya pada Juni dan Agustus Riau akan dilanda cuaca ekstrim. Saya mengharapkan semua pihak termasuk masyarakat mari bersama-sama melakukan pencegahan dan penanggulangan," kata Gubri, Ahad (17/3/19).

Hal ini menurut Gubri, perlu dilakukan antisipasi dari awal. Jika terlambat, maka kejadian Karhutla seperti yang terjadi beberapa tahun lalu sangat mungkin terjadi. Karena itu, kerugian lebih besar seperti terbakarnya hutan yang juga berakibat pada ekosistemnya harus dicegah.

"Jangan sampai, karena itu kita harus antisipasi dari sekarang. Kalau sudah terjadi, hutan kita habis, ekosistemnya juga mati. Belum lagi perekonomian, sosial, kesehatan dan pendidikan. Semuanya terganggu," ungkap Syamsuar.

Selain itu, menjaga jangan sampai terjadi Karhutla lebih besar juga sama menjaga menjaga image baik negara, terutama negara jiran. "Jadi tak hanya nama Riau buruk, negara pun buruk di mata internasional," ujar Syamsuar.

"Kita tak ingin Karhutla kembali menjadi image buruk untuk provinsi ini. Ke depan, kalau kita memang sayang dengan negeri kita ini, mari bersama-sama menjaga, melestarikan hutan kita, agar Riau kembali hijau. Mudah mudahan negeri ini menjadi negeri yang bersih, yang sehat sehingga semua leading sektor juga tetap berjalan dengan baik," harap Syamsuar.***(mok)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang