Rabu, 13 Maret 2019 14:47

Tinjau Karhutla, Panglima TNI dan Kapolri Kunjungi Riau

Bertujuan meninjau penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Riau, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian tiba di Riau, Rabu (13/03/19).

Riauterkini - PEKANBARU - Tak lama tiba di bandara Roesmin Nurjadin sekitar pukul 11.05, Panglima TNI dan Kapolri langsung terbang menuju Pulau Rupat, Bengkalis. Keduanya pergi menggunakan dua helikopter Super Puma TNI AU.

Kunjungan keduanya ke Pulau Rupat tersebut diketahui guna memantau penanganan karhutla yang memang telah terjadi sejak Januari 2019 di wilayah itu. Tak tanggung-tanggung hingga saat ini di Pulau Rupat tercatat sekitar 1.800 hektare lahan terbakar.

"Rencana langsung menuju Rupat lokasi kebakaran,"terang Kepala Penerangan Lanud Roesmin Nurjadi Pekanbaru, Letkol M Zukri kepada media.

Giat pemantauan penanganan pengendalian karhutla yang terjadi di Riau ini relah dilakukan dua kali oleh Pabglima TNI. Sebelumnya tepat pada 24 Februari 2019 kemarin, Ia juga berkunjung di wilayah Riau. Saat ini titik pai yang terjadi di Riau sangat besar. Sehingga dia mengerahkan helikopter untuk memedamkan api dengan cara water boombing. Kemudian ada juga pesawat yang dikerahkan untuk memodifikasi cuaca dengan membuat hujan buatan.

Tak sampai disitu, Ia juga terjunkan 100 orang prajurit Kostrad untuk ikut berjibaku memadamkan api di pulau terluar Riau itu.

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, sejak awal tahun 2019, tercatat ada sekitar 1.711,41 hektare lahan terbakar di Riau. Dimana 1.800 hektare lahan berada di Pulau Rupat.

Selain kunjungannya di lokasi kebakaran, Panglima TNI dan Kapolri juga mengagendakan beberapa giat lainnya. Seperti mengunjungi salah satu Pesantren di Kabupaten Kampar, memberikan arahan kepada Mahasiswa dan mahasiswi Universitas Muhammadiyah Riau serta sillaturahmi bersama PWNU Riau. ***(Rul)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang