Rabu, 13 Maret 2019 13:05

Bappeda Kampar Rangkum 82 Usukan Bidang Ekonomi dan SDA untuk Program 2020

Sebanyak 82 usulan program 2020 dirangkum Bappeda Kampar. Meliputi bidang ekonomi dan Sumber Daya Alam.

Riauterkini-BANGKINANG - Total usulan program dan kegiatan yang disampaikan melalui musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) kecamatan tahun anggaran 2020 untuk Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam (Ekosda) sebanyak 82 usulan. Sedangkan total usulan yang disampaikan melalui pokok pikiran (pokir) anggota DPRD Kabupaten Kampar untuk bidang Ekosda sebanyak 46 usulan.

Sementara total pagu anggaran Renja tahun anggaran 2020 bidang ekonomi dan sumber daya alam sebesar Rp. 131.574.897.145.

Demikian disampaikan Koordinator Forum Perangkat Daerah Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam Zulia Dharma pada acara Forum Perangkat Daerah bidang Ekosda di aula Bappeda Kabupaten Kampar, Selasa (12/3/2019).

Pada kesempatan itu Zulia Dharma yang juga Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar memaparkan usulan renja, usulan kecamatan dan usulan pokir anggota DPRD dibidang Ekosda untuk masing-masing OPD. Ada 12 OPD dikoordinir Bidang Ekosda yakni Dinas Perindustrian dan Tenaga kerja, Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa, DPMPTSP, BPKAD, Bappenda, Dinas Pertanian TPH, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perkebunan dan Keswan, Dinas Perikanan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, dan Dinas Lingkungan Hidup.

Zulia Dharma menambahkan, diantara tujuan pelaksanaan forum perangkat daerah ini yakni, menyelaraskan program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah berdasarkan usulan program dan kegiatan. Kemudian mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah.

Sementara itu Kepala Bidang Perekonomian dan Sumber Daya Alam Bappeda Kabupaten Kampar H Azwir pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa arah kebijakan daerah yang mendukung prioritas nasional dan provinsi serta mendukung visi dan misi pembangunan daerah tahun 2020 adalah menurunkan tingkat kemiskinan, meningkatkan infrastruktur, peningkatan investasi dan pengembangan pariwisata.

Empat prioritas yang mendukung visi dan misi Kepala Daerah Kabupaten Kampar ini telah dituangkan dalam RPJMD Kabupaten Kampar tahun 2017-2020. “Maka untuk tahun ketiga (2020) setelah Bupati Kampar dilantik ini, prioritas pembangunan daerah diarahkan kepada empat prioritas pembangunan tadi,” ujar Azwir.

Kegiatan forum perangkat daerah juga dilaksanakan di aula kantor Bupati Kampar untuk bidang infrastruktur dan kewilayahan. Sementara di aula kantor Dinas Kesehatan digelar forum perangkat daerah untuk bidang pemerintahan dan pembangunan manusia. Sesuai dengan agenda, pelaksanaan forum perangkat daerah untuk ketiga bidang ini masing-masing berlangsung selama tiga hari, 12-15 Maret 2019.(man)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang