Sabtu, 16 Pebruari 2019 10:54

Goes to Campus, Cara KPU Bengkalis Ajak Pemula Gunakan Hak Pilih

KPU Bengkalis menggelar Goes to Campus. Upaya menggugah kesadara henerasi muda gunakan hak pilih di Pemilu 2019.

Riauterkini-BENGKALIS- Berupaya meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu serentak April 2019 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkalis goes to campus atau datangi kampus untuk menggelar sosialisasi Pemilu 2019 ke mahasiswa. 

Seperti Jum'at (15/2/19) petang kemarin, KPU Bengkalis kunjungi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIE Syariah). Sebagai narasumber Komisioner KPU Khairul Saleh, SH, MH dan Elmiawati Safarina, S.PdI, serta Muhammad Soleh, SE, Kepala Sub Bagian Program dan Data KPU Bengkalis.

Kegiatan KPU berlangsung di aula Kampus STIE Syariah tersebut bertujuan untuk mengajak mahasiswa dan civitas kampus supaya menggunakan hak suaranya saat Pemilu 2019 mendatang.

Sosialisasi untuk mahasiswa di perguruan tinggi ini merupakan program kerja Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, KPU Bengkalis. 

Komisioner KPUD Bengkalis Elmiawati Safarina, S.PdI, setelah mengikuti kegiatan sosialisasi, mahasiswa diharapkan berminat dalam menggunakan hak suaranya, dan melahirkan pemimpin berprestasi.

"Sosialisasi ini dilakukan agar mahasiswa bisa terlibat dalam menyukseskan Pemilu. Kalau bisa, mahasiswa juga terlibat dalam semua tahapan Pemilu 2019," kata perempuan yang akrab dipanggil Elsa seraya menyebutkan agar mahasiswa juga membantu KPU menjadi KPPS sebagai petugas di TPS.

Sementara itu Komisioner KPU Khairul Saleh mengatakan, dalam kegiatan tersebut, pihaknya menyampaikan hal-hal teknis, yang berkaitan dengan tahapan dari penyelenggaraan Pemilu 2019. Khususnya data pemilih dan tentang pemilih Daftar Pemilih Tambahan (DPTB) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK). 

Atah panggilan akrab pria ini, selain menggunakan hak suara, mahasiswa juga diharapkan dapat mengajak warga di daerahnya masing-masing, untuk ikut serta menentukan pilihan dalam Pemilu bukan golongan putih (Golput).

"Kami harapkan, mahasiswa semua kampus yang ada di Bengkalis bisa membantu KPU dalam menyosialisasikan pelaksanaan Pemilu 2019. Ayo kita sama-sama menyukseskan Pemilu," ajaknya.

Tanpa keterlibatan semua pihak, imbuhnya, pelaksanaan Pemilu mendatang, tidak akan terselenggara dengan lancar dan aman serta damai. 

Tampak hadir dalam sosialisasi tersebut, Wakil Ketua I Bidang Akademik Zul Hendri yang membuka acara secara resmi di dampingi Muhammad Elsa Tomisa, Wakil Ketua II Bidang Administrasi dan Keuangan dan sejumlah dosen.

Wakil Ketua STIE Syariah Bengkalis berharap kepada KPU, untuk layanan pindah memilih agar dibuka posko di kampus, serta pihak kampus akan mencoba melakukan sosialisasi ke masyarakat untuk menjalin kerja sama menyukseskan Pemilu.

Selain di STIE Syariah, KPU akan melakukan sosialisasi yang sama sejumlah perguruan tinggi lainnya di Bengkalis pekan depan. Kemudian, juga melakukan sosialisasi ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bengkalis bersama Relawan Demokrasi yang sudah dibentuk selama empat hari berturut-turut.***(dik)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang