Kamis, 14 Pebruari 2019 14:28

Dapat Laporan Jejak Harimau, Tim BBKSDA Riau Cek Lokasi

Diduga jejak harimau, Tim BBKSDA Riau turun mengecek. Ternyata hanya jejak satwa tapir.

Riauterkini-PEKANBARU-Humas BBKSDA Riau, Dian Indriati, Kamis (14/2/19) mengatakan bahwa setelah mendapatkan laporan dari warga mengenai adanya jejak harimau di Jl Muslimin RT1 RW1 Kelurahan Pematang Kayu Arang Kulim Pekanbaru, BBKSDA Riau langsung mengirim tim reaksi cepat untuk melakukan penanganan.

Setelah melakukan pengecekan, ternyata jejak kaki yang menurut warga adalah jejak kaki harimau, teryata adalah jejak kaki hewan tapir. Tapir (tapirus) adalah binatang herbivora yang memakan dedaunan muda di sepanjang hutan atau pinggiran sungai. Tapir memiliki bentuk tubuh seperti babi, telinga yang mirip badak dan moncongnya yang panjang mirip trenggiling, sementara lenguhannya lebih mirip suara burung daripada binatang mamalia. 

"Informasi dari tim usai melakukan pengecekan di lapangan menunjukkan bahwa jejak kaki yang diduga warga adalah jejak kaki harimau ternyata jejak kaki tapir. Untuk itu warga diharapkan untuk tidak resah," katanya.

Disinggung keberadaan tapir di Kulim, Dian mengatakan bahwa tapir itu satwa pengelana pemakan pucuk daun muda. Tapir akan mencari pucuk daun muda kemana saja untuk bertahan hidup.

Disinggung satwa dilindungi, Dian mengatakan arena ancaman kepunahan yang serius, Tapir telah termasuk dalam Appendix 1 CITES (Convention on International Trade in Endangered Species - Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Langka). Secara global, ada empat spesies Tapir dan menghuni hutan-hutan di wilayah Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan Asia Tenggara.*( H-we)


BERITA TERKAIT :

 

Loading...

 

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang