Sabtu, 9 Pebruari 2019 17:00

Ratusan Peserta Ikuti Pelatihan PSM Peningkatan Mutu Pembelajaran Sekolah di Bengkalis

Sekitar 108 peserta terdiri dari utusan 27 SD, SMP sederajat yang merupakan mitra Tanoto Foundation di Kecamatan Bengkalis dan Bantan, mengikuti Pelatihan Peran Serta Masyarakat (PSM) Tingkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah.

Riauterkini-BENGKALIS- Sekitar 108 peserta terdiri dari utusan 27 sekolah dasar (SD) sederajat dan sekolah menengah pertama (SMP) sederajat, mitra Tanoto Foundation di Kecamatan Bengkalis dan Bantan mengikuti Pelatihan Peran Serta Masyarakat (PSM) Tingkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah, Sabtu (9/2/19).

. Berlangsung selama sehari diselenggarakan di salah satu hotel di Bengkalis, kegiatan ini resmi dibuka Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bengkalis, Agusilfridimalis, SH juga diikuti oleh perwakilan Komite Sekolah.

Pentingnya dukungan masyarakat pada sekolah untuk mencapai keberhasilan pembelajaran perlu didorong secara massif. Namun, hal ini bergantung pada bagaimana cara sekolah dalam melibatkan masyarakat sesuai dengan potensinya masing-masing.

"Kegiatan pelatihan ini akan menggali apa sebenarnya yang diinginkan oleh masyarakat di sekitar sekolah agar memajukan sekolah di lingkungannya masing-masing," ungkap Koordinator Tanoto Foundation Bengkalis, Leo Fariddian disela-sela kegiatan.

Melalui Program PINTAR Tanoto Foundation, juga disampaikan Leo, memfasilitasi sekolah mitra program untuk mengidentifikasikan keterlibatan masyarakat dan bagaimana cara untuk mendorongnya agar semua pihak bersinergi dalam mewujudkan pendidikan yang bermutu melalui pelatihan PSM.

"Adapun materi yang akan diberikan dalam pelatihan tersebut adalah mengidentifikasi manfaat PSM dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Menginventarisasi jenis PSM dan mengidentifikasi cara mendorong PSM," katanya lagi.

Terpisah, Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bengkalis, Agusilfridimalis, SH ketika ditemukan menyatakan, melalui kegiatan pelatihan ini agar peserta mampu memahami PSM dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah. Dapat mengidentifikasi manfaat dari keterlibatan masyarakat, dan menginventarisasi jenis PSM, serta merancang strategi atau cara untuk mendorong PSM sesuai dengan jenis dan potensinya masing-masing. Dan menyusun Rencana Tindak Lanjut (RTL) untuk menerapkan berbagai gagasan yang diperoleh setelah mengikuti pelatihan.

"Hasilnya kita harapkan peserta memahami kebermanfaatan PSM dalam meningkatkan mutu pembelajaran, mampu mengidentifikasi manfaat keterlibatan PSM dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah, dan menginventarisasi jenis PSM berdasarkan potensi masing-masing," harapnya.***(dik)

Foto : Kegiatan Pelatihan PSM diselenggarakan oleh Tanoto Foundation melalui Program Pintar untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah, Sabtu (9/2/19).


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang