Kamis, 24 Januari 2019 17:21

‎Hadiri HUT ke-18 Desa Sialang Jaya,
Sekda Rohul Pesankan ini ke Kades dan Masyarakat

Sekdakab Rohul menghadiri perayaan HUT ke-10 Desa Sialang Jaya. Ini pesannya bagi warga setempat.

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) H. Abdul Haris S.Sos, M.Si, ikut meriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-18 Desa Sialang Jaya, Kecamatan Rambah, Kamis (24/1/2019).

Acara turut dihadiri Kasat Binmas Polres Rohul AKP Supriyana, perwakilan Lapas Kelas II B Pasirpangaraian, Camat Rambah El Bizri, Kepala Desa Sialang Jaya Yuherman Daulay, dan para Kades serta Lurah di Kecamatan Rambah.

‎Pada acara tersebut, Kades Sialang Jaya Yuherman Daulay mengukuhkan 28 perangkat Desa Sialang Jaya, seperti RT dan RW, Kepala Dusun. Perangkat desa ini merupakan orang pilihan yang dilakukan melalui seleksi.

Di acara yang dihadiri Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, serta ribuan masyarakat ini juga dilakukan penandatanganan berita acara serah terima Rumah Sehat Layak Huni (RSLH), bantuan dari Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) Provinsi Riau tahun anggaran 2018.

Pada sambutannya, Sekda Rohul Abdul Haris mengatakan Desa Sialang Jaya merupakan salah satu desa strategis di Kabupaten Rohul. Selain sejuk, desa ini punya potensi pariwisata yang indah, dan sektor perikanan karena dekat kawasan Bukit Barisan.

Sekda mengapresiasi adanya pengukuhan perangkat desa dilakukan Kades Sialang Jaya. Menurutnya, setelah adanya peraturan baru, sesuai prosedur, perangkat desa harus dilakukan seleksi.

‎Setelah dikukuhkan, perangkat desa akan menjalankan tugas sampai waktunya habis, dan Kades tidak bisa asal ganti sembarangan. Namun bila perangkat desa yang tersandung hukum, Kades bisa menggantinya.

Selain itu, Abdul Haris mengharapkan Pemerintah Desa Sialang Jaya memfungsikan pelayanan antar jemput gratis dalam memudahkan masyarakat, seperti menyediakan nomor layanan dan seorang petugas khusus yang akan menjemput persyaratan ke rumah-rumah masyarakat yang membutuhkan.

Sekda Rohul mengharapkan, adanya pelayanan antar jemput gratis, maka tidak mengganggu aktivitas masyarat Desa Sialang Jaya yang sebagian besar merupakan petani.

‎"Jangan dipungut lagi uang,"‎ pesan Sekda Rohul, dan mengatakan ada anggaran yang bisa dialokasikan yakni dari Bantuan Alokasi Dana Desa (ADD). Sedangkan Dana Desa atau DD dipakai untuk pembangunan desa.

‎Selain pembangunan insfraktruktur, sambung Abdul Haris, pembangunan perekonomian masyarakat juga harus dilakukan, termasuk lagi program peningkatan produksi pangan, baik persawahan, perikanan, perkebunan, dan lainnya.

Sekda Rohul juga berpesan ke Kades Sialang Jaya untuk melek informasi. Seperti saat ini ada diluncurkan Program PSR (Peremajaan Sawit Rakyat)‎ untuk replanting kebun kelapa sawit masyarakat, dimana masing-masing penerima akan dibantu Rp 25 juta per hektar, namun harus melalui kelompok dimana setiap kelompok beranggotakan 20 orang.

Selain bantuan dari Program PSR,‎ sambung Haris, masyarakat penerima juga akan dibantu melalui program Pajale (Padi, Jagung, Kedele), memanfaatkan sela pohon kelapa sawit yang baru ditanam.

"Sebenarnya satu syaratnya, yaitu mau kita bekerja. Kalau kita mau bekerja ada caranya," pungkas Sekda Rohul Abdul Haris, dan mengajak seluruh masyarakat Desa Sialang Jaya ikut membangun kampung agar semakin terus maju lagi ke depannya.

‎Sementara, Kades Sialang Jaya, Yuherman Daulay, mengatakan ada berbagai kegiatan dalam meriahkan HUT ke-18 desanya.‎ Selain pengukuhan 28 Perangkat Desa, juga dilakukan serahterima secara simbolis bantuan Rumah Sehat Layak Huni (RSLH).

Usai makan bersama di aula desa, sambung Yuherman, Sekda Rohul Abdul Haris‎ akan menutup Turnamen Bola Kaki Dalam Rangkat HUT ke-18 Desa Sialang Jaya yang diikuti 43 klub sepak bola se-Dapil I (satu) yaitu Kecamatan Rambah, Rambah Samo, Rambah Hilir dan Bangun Purba.***(Adv/ Pemkab Rokan Hulu)


BERITA TERKAIT :

 

Loading...

 

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang