Rabu, 23 Januari 2019 22:22

Empat Unit Bus Sekolah Gratis Siap Layani Pelajar di Bangkinang Sekitarnya

Plt Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto launching empat bus yang diperuntukan membantu transportasi pelajar. Berikut rute dan jam pemberangkatan.

BANGKINANG - Sebanyak empat unit bus sekolah gratis siap melayani kebutuhan transportasi untuk pelajar di Bangkinang dan sekitarnya. Launching penggunaan empat unit bus ini dipimpin Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto di Taman Kota Bangkinang, Rabu (23/1/2019).

Catur didampingi Ketua DPRD Kabupaten Kampar Ahmad Fikri, Direktur Lalulintas Polda Riau AKBP Birawa Braja Paksa yang mewakili Kapolda Riau, Sekda Kampar Yusri, Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yudhistira, Dandim 0313/ KPR diwakili Kasdim Mayor Inf. Armen Koto, Danyonif 132/ BS Mayor Inf. Wisyudha Tama, Kajari Kampar Dwi Antoro, pimpinan organisasi perangkat daerah Kabupaten Kampar dan sejumlah pejabat utama Polres Kampar.

Selain itu juga hadir para camat dan kepala desa, kepala sekolah menengah di lima kecamatan terdekat yaitu Bangkinang Kota, Bangkinang, Salo, Kuok dan Kampar serta perwakilan pelajar Kota Bangkinang.

Sebanyak empat unit bus disiapkan untuk melayani pelajar saat berangkat dan pulang sekolah dengan rute Kuok - Bangkinang Kota, Batu Belah - Bangkinang Kota, Bangkinang Seberang - Bangkinang Kota dan Ridan Permai - Bangkinang Kota.

Empat Bus yang disiapkan untuk transportasi pelajar ini terdiri dari satu unit bus bantuan Kementerian Perhubungan RI, satu unit bus milik Polres Kampar dan dua unit bus dari Dinas Perhubungan Kampar.

Para pelajar dan guru di Kabupaten Kampar menyambut baik program yang bertujuan untuk mencegah pelajar yang belum cukup umur dan tidak memiliki SIM menggunakan kendaraan pribadi ke sekolah.

Plt. Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto dalam kesempatan ini meminta para pelajar untuk memanfaatkan fasilitas bus sekolah yang telah disediakan Pemkab Kampar bersama Polres Kampar.

"Insya Allah kedepannya bus sekolah ini akan diperbanyak sehingga dapat memenuhi kebutuhan transportasi bagi pelajar saat berangkat dan pulang sekolah," ujar Catur.

Pada kesempatan ini Plt. Bupati juga memberikan pertanyaan kepada lima orang perwakilan pelajar tentang manfaat program bus sekolah bagi pelajar. Usai menyampaikan jawabannya para pelajar ini diberikan cenderamata oleh Plt. Bupati Kampar.

Ketua DPRD Kampar Ahmad Fikri Sag mengapresiasi Plt. Bupati dan Kapolres Kampar yang telah menginisiasi program ini sehingga akhirnya dapat dilaunching pada hari ini.

Ahmad Fikri juga berharap kepada pihak swasta serta perusahaan yang ada di Kampar untuk berpartisipasi mendukung program ini sehingga nantinya dapat berkembang dan dapat lebih banyak lagi memenuhi kebutuhan transportasi bagi pelajar.

Dirlantas Polda Riau AKBP Birawa Braja Paksa yang mewakili Kapolda Riau mengatakan, Program Bus Sekolah Gratis ini adalah yang pertama di daerah Riau. Dengan adanya bus sekolah ini akan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi bagi pelajar sehingga berdampak menurunnya angka kecelakaan bagi kalangan pelajar.

"Selama ini diketahui karena kurangannya ketersediaan transportasi umum sehingga pelajar terpaksa menggunakan sepeda motor ke sekolah walaupun belum cukup umur dan tidak memiliki SIM, hal ini sangat riskan karena mereka secara mental belum siap untuk berkendara di jalan raya," ungkap Birawa.

Ia menambahkan, semakin tinggi peradaban masyarakat maka semakin tinggi pula tingkat ketertibannya. "Untuk itu mari kita tanamkan tertib berlalulintas ini kepada generasi muda," ungkapnya.

Usai sambutan dari Plt. Bupati Kampar para pelajar melakukan deklarasi untuk menyukseskan pelaksanaan Millennial Safety Road Festifal 2019 yang akan digelar pada tanggal 24 Februari 2019 di Taman Kota Bangkianang.

Selanjutnya pengguntingan pita sebagai tanda peresmian bus sekolah oleh Plt. Bupati Kampar didampingi Dirlantas Polda Riau dan Kapolres Kampar serta Forkopimda, dilanjutkan pelepasan balon jelang pemberangkatan perdana Bus Sekolah ini.

Para pelajar yang hadir pada acara ini kemudian menaiki keempat bus untuk mencoba rute perjalanan bus yang dilepas oleh Plt. Bupati, Dirlantas serta Forkopimda Kampar.

Setelah acara ini seluruh Forkopimda Kampar juga melakukan Deklarasi untuk menyukseskan agenda Millennial Safety Road Festifal 2019 yang akan digelar 24 Februari 2019 mendatang.*(man)


BERITA TERKAIT :

 

Loading...

 

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang