Rabu, 23 Januari 2019 14:33

Turun ke Rokan Hulu, Rupanya Ini yang Dilakukan Tim Peneliti Puslitbang Polri

Tim Peneliti dari Puslitbang Polri turun ke Kabupaten Rokan Hulu. Ada beberapa agenda dilakukan selama di daerah‎ berjuluk Negeri Seribu Suluk.

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Tim Peneliti dari Puslitbang Polri turun ke Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Rabu (23/1/2019). Kedatangan tim ini adalah untuk melakukan penelitian tentang tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

Tim peneliti yang turun ke Rohul dipimpin Kabid Gas Opsnal Puslitbang Polri Kombes Pol Drs. Burdin Hambali, didampingi Konsultan Peneliti dari LIPI Prof. Dr. Dwi Purwoko M.Si, Kasubbid Gastin Bid Gas Opsnal Puslitbang Polri AKBP Hanafiah Nembo.

Setibanya di Pasirpangaraian, Tim Peneliti dari Puslitbang Polri disambut hangat oleh Kapolres Rohul AKBP Muhamad Hasyim Risahondua, Waka Polres Rohul Kompol Willy Kartamanah, para Kabag dan Kasat, serta sejumlah pejabat utama di jajaran Polres Rohul.

Ketua Tim Kombes Pol Burdin Hambali mengatakan maksud kedatangan tim ke Kabupaten Rohul adalah dalam rangka melakukan penelitian untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

"Untuk jajaran Polda Riau, tim melakukan penelitian di lima Polres, yaitu Polres Kampar, Polresta Pekanbaru, Polres Rokan Hulu, Polres Bengkalis dan Polres Dumai," jelas Kombes Pol Burdin Hambali‎ di sela kegiatannya di Mapolres Rohul, Rabu.

Burdin menuturkan adapun ‎sasaran penelitian dilakukan tim meliputi lima bidang pelayanan dari lima fungsi Opsnal Kepolisian, yaitu Bidang Lalulintas, Reskrim, Intel, Binmas dan Sabhara.‎

Dari kelima fungsi tersebut, nantinya akan dilakukan penelitian sejauh mana pelayanan yang telah diberikan ke masyarakat, serta tingkat kepuasan masyarakat atas layanan Polri.

Untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja polri, mereka juga telah menyebarkan kuesioner ke masyarakat, mahasiswa, mewawancarai pejabat-pejabat Polres, termasuk Kapolres Rohul.

Penelitian sendiri dilakukan untuk mengetahui sejauh mana ‎kinerja Polres Rohul dalam melaksanakan fungsinya, selaku pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

Burdin mengungkapkan dari sejumlah pengakuan masyarakat Rohul yang ditemui, secara umum masyarakat mengapresiasi kinerja Polres Rohul saat ini, dan dinilai banyak kemajuan dari tahun ke tahun.

"Di samping itu, mereka (masyarakat Rohul) juga menyampaikan harapannya agar ke depan pelayanan Polri untuk masyarakat ini akan lebih baik lagi," ujar Burdin.

Menurutnya, dari aspek pelayanan publik juga dinilai masyarakat sudah semakin baik, seperti pelayanan pembuatan SIM dan SKCK. Seperti untuk pembuatan SKCK sudah pakai aplikasi yang bisa di akses di smartphone, sehingga lebih efisien.

Kombes Pol Burdin Hambali berpesan ke Polres Rohul, dalam pelaksanaan tugasnya melibatkan partisipasi dari seluruh lapisan masyarakat untuk bekerjasama dalam pemeliharaan keamanan, sehingga perlu dijalin komunikasi baik di tengah-tengah masyarakat.

"Jalin kerjasama dengan seluruh lapisan masyarakat dalam meningkatkan pelayanan di tengah-tengah masyarakat," harap Kombes Pol Burdin Hambali.

Saat pertemuan dan diskusi, para Kasat Opsnal secara bergantian yaitu Kasat Sabhara, Kasat Reskrim, Kasat Lantas, Kasat Intel dan Kasat Narkoba, menyampaikan inovasi-inovasi dan langkah apa yang telah dilakukan dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri selama bertugas.***(zal)


BERITA TERKAIT :

 

Loading...

 

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang