Selasa, 22 Januari 2019 10:04

Bedah APBD Riau 2019 ISEI Sorot Pertumbuhan Ekonomi tak Sebanding Tingkat Kemisikinan

ISEI gelar seminar bedah APBD Riau 2019. Disorot timpanya pertumbuhan ekonomi dibanding tingkat kemiskinan.

Riauterkini-PEKANBARU-Ketua ISEI Pekanbaru, Zulkarnaen mengatakan bahwa dengan pertumbuhan ekonomi yang rendah sementara tingkat kemiskinan yang relatif tinggi. Mampukah APBD Riau menurunkan tingkat kemiskinan di Riau.

Sebagai ilustrasi, tambahnya, jumlah kemiskinan secara prosentase menurun menjadi 7,31 persen. Namun, secara jumlah kuantitasnya naik.

Sementara, tambah Zulkarnaen, pertumbuhan ekonomi di Riau relatif kecil. Yaitu hanya 2,98 persen.

"Yang menjadi pertanyaan adalah, mampukan pertumbuhan ekonomi yang relatif rendah tersebut menurunkan jumlah masyarakat miskin di Riau," kata Zulkarnaen.

Kepala BI Perwakilan Riau, Siti Astiyah mengatakan kondisi ekonomi global sangat mempengaruhi perekonomian nasional. Termasuk pertumbuhan ekonomi Riau.

Pertumbuhan ekonomi di Riau 2,98 persen. Pertumbuhan ekonomi Riau menyumbang 5 besar terbesar di skala nasional untuk ekonomi nasional dan penyumbang terbesar nomor 1 di luar Jawa.

"Kita berharap dengan kepemimpinan gubernur Riau terpilih, H Syamsuar ke depan, perekonomian di Riau akan semakin tumbuh. Sehingga dapat mensejahterakan seluruh masyarakat Riau pada umumnya," katanya.

Sekdaprov Riau, Achmad Hijazi sebagai ketua TAPD Riau mengatakan bahwa program pemprov Riau bertujuan untuk menggelindingkan perekonomian yang diharapkan berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Riau yang membawa peningkatan kesejahteraan masyarakat Riau pada umumnya.

"Prioritas pelaksanaan program adalah program yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Riau," katanya.*(H-we)


BERITA TERKAIT :

 

Loading...

 

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang