Senin, 21 Januari 2019 18:05

Gunakan Truk Khusus, Bawaslu Bengkalis Bongkar Paksa APK Billboard

Bawaslu Bengkalis tertibkan sejumlah APK partai dan Caleg. Petugas terpaksa meminjam truk khusus yang dipinjam ke pemerintah dan didampingi anggota Saatpol PP.

Riauterkini-BENGKALIS- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bengkalis bongkar paksa sejumlah baleho Alat Peraga Kampanye (APK) yang dipasang karena salahi aturan, Senin (21/1/19) petang.

APK yang dibongkar paksa itu di beberapa titik lokasi yang dipasang di media berbayar atau billboard dengan ukuran besar seperti di Jalan Antara Bengkalis dan di Jalan Utama Selatbaru, Bantan.

Tidak hanya APK di media berbayar itu, APK juga ditertibkan terhadap spanduk-spanduk liar yang dipasang sembarangan.

"Sesuai dengan aturan yang sudah ada, tentang pemasangan APK seperti di billboard berbayar. Sebelum kita tertibkan sudah kita surati ke pihak yang terkait dan disampaikan beberapa alasannya," ungkap Koordinator Devisi Penindakan dan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Bengkalis, Hary Rubianto.

Karena ukuran APK di media berbayar itu cukup besar, pembongkaran paksa di lakukan Bawaslu, harus menggunakan truk khusus yang dipinjam ke pemerintah. Selama proses pembongkaran, petugas didampingi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Selain di Bengkalis bongkar paksa APK yang sudah salahi ketentuan itu juga serentak dilakukan di sejumlah daerah lainnya, seperti Pekanbaru, Dumai serta Rohul.

Selain di wilayah ibu kota kabupaten, imbauan dan larangan memasang APK di billboard juga disampaikan ke seluruh kecamatan di Bengkalis. Agar, bagi sesiapa saja yang memasang APK di media berbayar itu harus segera dicopot.

"Di beberapa kecamatan juga ada laporan baru dipasang APK di billboard, nah kita surati 1x24 jam kemudian diberikan 3 hari kerja terlebih dahulu agar segera dibongkar. Jika tidak diindahkan baru kita ambil tindakan atau eksekusi," katanya lagi.

Herry juga mengingatkan kepada seluruh peserta Pemilu, supaya tidak memasang APK di tempat yang dilarang, seperti di billboard, di pohon, di bahu jalan dan tempat yang dilarang lainnya.***(dik)

Foto : Petugas Bawaslu Bengkalis sedang bongkar paksa APK yang dipasang melalui billboard di Bengkalis, Senin (21/1/19).


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang