Kamis, 17 Januari 2019 19:09

2019, Bulog Akan Serap 4 Ribu Ton Padi Petani Riau

Tahun ini,Bulog menarget penyerapan beras petani Riau sebanyak 4 ribu ton. Sama dengan tahun sebelumnya.

Riaiterkini-PEKANBARU- Kepala Perum Bulog Divre Riau-Kepri Abdul Muis S Ali, Kamis (17/1/19) menyatakan, tahun ini, Bulog Riau akan menyerap 4 ribu ton padi produksi petani Riau.

Menurutnya, serapan padi petani Riau oleh Bulog sebanyak 4 ribu ton selama 2019 ini sama dengan jumlah serapan Bulog tahun sebelumnya. Karena jumlah produksi padi Riau diperkirakan masih sama dengan tahun 2018 lalu.

"Jumlah serapan padi petani Riau oleh Bulog ini ditetapkan sama dengan tahun lalu. Karena jumlah produksi diperkirakan tidak jauh beda dengan tahun lalu," katanya.

Menurutnya, tahun lalu Bulog Divre Riau hanya menyerap beras petani sebanyak 2.500 ton saja. Jauh dari target serapan yang ditetapkan yakni 4.000 ton. Hal itu karena persoalan harga gabah dan beras di atas Harga Pembelian Pemerintah (HPP).

HPP 2017 yang ditetapkan Rp7.300 per kilogram. Untuk mengimbangi harga pasaran pembelian beras, sesuai instruksi pemerintah pada 2018 HPP juga telah dinaikkan menjadi Rp8.030 per kilogram.

Sementara, harga gabah di Riau rata-rata di atas Rp5.000/kg dan beras di atas Rp8.800/kg.

Harga Pembelian Pemerintah (HPT) terhadap gabah masyarakat masih jauh lebih rendah ketimbang harga pasaran. Artinya petani mampu menjual hasil pertaniannya ke pihak swasta dengan harga lebih tinggi.

"Meski demikian, Bulog tetap komit untuk memantau harga gabah dan beras ditingkat petani terutama musim panen raya. Bulog juga berkomitmen agar harga beras petani tak jatuh," katanya.*(H-we)


BERITA TERKAIT :

 

Loading...

 

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang