Jum’at, 11 Januari 2019 14:32

Pertengahan Februari Dilakukan Uji Kekuatan Jembatan Siak IV

Uji kekuatan Jembatan Siak IV diperkirakan tanggal 10 Februari mendatang. Sejumlah mobil bertonase besar.

Riauterkini - PEKANBARU - Pekan kedua Februari nanti, uji kekuatan jembatan Siak IV mulai diuji. Pengujian kelayakan ini dilakukan untuk memastikan ketahanan jembatan, menjelang diresmikannya pemakaian jembatan tersebut.

"Diperkirakan tanggal 10 Februari nanti uji kekuatan jembatan Siak atau sebelum masa Gubernur Riau berakhir," kata Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Riau, Yunnan Haris, Jumat (11/1/18).

Dijelaskannya, beban pengujian kekuatan jembatan Siak IV akan menggunakan sejumlah mobil bertonase besar. Dimana beban yang dibutuhkan seberat 30 ton.

Kemudian, mobil-mobil bertonase besar ini juga nantinya akan hilir mudik, layaknya arus kendaraan yang melintasi jembatan yang membentang di atas Sungai Siak tersebut. Pengujian dilakukan satu hari penuh.

"Dengan berat itu, disitulah dilihat berapa pengirimannya. Dari sini dilakukan kajian dampaknya, apakah layak atau tidak jembatan ini digunakan," ungkap Yunnan.

Untuk pengujian kekuatan jembatan ini sendiri, PUPR Riau menggandeng dari pihak Kementerian PU termasuk para akademisi tergabung dalam Komisi Keselamatan Jalan, Jembatan dan Terowongan (KKJJT).*(mok)


BERITA TERKAIT :

 

Loading...

 

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang