Kamis, 10 Januari 2019 14:14

Disdukcapil Kuansing Akan Luncur KIA Tahun Ini

Salah satu program Didukcapil Kuansing tahun ini adalah meluncurkan Kartu Identitas Anak. Kartu ini akan digunakan anak dari usia 0-17 tahun,sebelum memiliki KTP.

Riauterkini - TELUKKUANTAN - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kuansing Tahun 2019 akan melaunching Kartu Identitas Anak (KIA).

Kadisdukcapil Refendi Zukman, mengatakan draft, peralatan dan media yang dibutuhkan untuk pencetakan l sedang dipersiapkan.

"Insya Allah tahun ini dilaunching. Saat ini kita sedang persiapkan teknis dan sarananya," ujar Refendi, Kamis (10/2)1/2019).

Usai dilaunching, menurut Refendi, masyarakat Kuansing sudah bisa membuat KIA. Program KIA ini diperuntukkan bagi anak berusia nol tahun hingga 17 tahun kurang satu hari.

"Lima Tahun ke atas bisa melampirkan pas foto. Sedangkan di bawah lima Tahun tidak perlu," jelasnya.

Untuk pengurusan KIA ini kata Refendi, persyaratannya tidak sama dengan mengurus KTP elektronik, seperti melakukan perekaman. Cukup saja melampirkan Kartu Keluarga (KK) karena data elektronik anak sudah ada KK.

"KIA tidak memiliki chips sehingga tidak sulit. Printernya bisa pakai printer e-KTP atau tersendiri. Sarana seperti ini yang saat ini sedang kita siapkan," terang Refendi.

Refendi menjelaskan, kartu KIA mirip seperti kartu e-KTP. Cuma beda warna. jika e-KTP berwarna biru, KIA berwarna merah muda.

"Mirip e-KTP tapi warna beda. Dan tak pakai chip," katanya. Sedangkan manfaat dari KIA ini, menurut Refendi, anak yang berusia lima tahun bisa melakukan transaksi hukum seperti membuka rekening di bank, mengurus BPJS, mengurus sesuatu yang berhubungan dengan identitas.** (Jok)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang