Rabu, 19 Desember 2018 18:49

Pelantikan Pengurus FORMI Rohul Periode 2017-2022 Disaksikan Bupati dan Sekda

Pengurus Formi Kabupaten Rokan Hulu periode 2017-2022, resmi dilantik. Pelantikan ini disaksikan langsung oleh Bupati dan Sekdakab Rohul.

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Pengurus Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia‎ (FORMI) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) periode 2017-2022, resmi dilantik oleh Sekretaris FORMI Riau Drs. H. Nasrun Rasyid, Rabu ( 19/12/2018).

Pelantikan pengurus FORMI Rohul di Gedung Dharma Wanita Permaisuri Pasirpangaraian dihadiri langsung Bupati Rohul H. Sukiman, Sekda Rohul H. Abdul Haris S.Sos, M.Si, para pejabat di lingkungan Pemkab Rohul.

Hadir juga Kepala Samsat Pasirpagaraian Zulkafli S.Sos, M.Si, serta perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Riau, perwakilan Disdikpora Rohul, dan segenap tamu undangan lain.

Usai pelantikan Pengurus FORMI Rohul, Bupati Rohul Sukiman mengatakan Pemkab Rohul sangat menyambut baik terbentuknya kepengurusan FORMI di daerahnya.

Sukiman berharap adanya FORMI, seluruh kegiatan tradisional di masyarakat seperti egrang, bakiak, gasing, serta jenis lain dapat dikembangkan, sehingga permainan tradisional masyarakat terus terjaga dan lestari, tidak hilang ditelan zaman yang serba canggih saat ini.

"Dengan terbentuknya kepengurusan FORMI Rokan Hulu kita ucapkan selamat. Tentunya nanti mereka bisa bekerjasama, sehingga ke depannya bisa seminggu sekali menggelar berbagai kegiatan tradisional, sehingga olahraga masyarakat bisa disukai masyarakat," harap Bupati Sukiman.

Bupati Sukiman berpesan agar pembinaan ke depan lebih ditingkatkan, seperti apa yang disarankan FORMI Riau, sehingga olahraga masyarakat di Kabupaten Rohul bisa menjadi yang terbaik.

Menurut Bupati, adanya reformasi dan perkembangan pesat teknologi saat ini, tanpa adanya kegiatan-kegiatan dilakukan FORMI, maka olahraga di masyarakat dikhawatirkan bisa saja punah atau ditinggalkan.

Namun dengan adanya FORMI Rohul, sangat diharapkan Bupati Sukiman, olahraga di masyarakat bisa terus berkembang, baik di sektor rekreasi pariwisata, maupun di lingkungan masyarakat.

Acara pelantikan semakin menarik. Di sela acara juga ditampilkan berbagai permainan tradisional masyarakat, seperti tari persembahan, tari tor-tor, kuda lumping, gondang barogong, pencak silat, gasing, dan lainnya yang menambah suasana pengukuhan semakin menarik dan meriah.

Untuk kepengurusan, mantan Sekda Rohul Ir. H. Damri Harun MM dipercaya sebagai Ketua FORMI Rohul, Wakil Ketua Zulkafli, Sekretaris Kelmi Amri, Wakil Sekretaris M. Sobu. Turut dilantik Ketua Bidang Pengembangan Program Basron, termasuk sejumlah kepala dinas, anggota DPRD Rohul Hj.Nur Zahara ikut dilantik sebagai pengurus.

Usai pelantikan,‎ Ketua FORMI Riau diwakili Sekretaris FORMI Riau Nasrun Rasyid, mengatakan sebenarnya Pemkab dan masyarakat Rohul sudah lama mengembangkan olahraga tradisional.

ôKita harus lebih memajukan dan mengembangkannya, karena kekayaan budaya bangsa kita, terutama di Rohul seperti cabang gasing, dan lainnya hari ini sudah terbentuk dan sudah dikomandoi Damri Harun melalui FORMI Rohul," jelas Nasrun.

"Harus diketahui bahwa tidak ada atlet khusus di FORMI. Namun masyarakatlah pelakunya. Siapa saja bisa melakukannya, dan yang sudah ada di masyarakat beda dengan olahraga prestasi di bawah KONI," ujarnya.

"Namun olahraga bersifat rekreasi, budaya berada di naungan FORMI, dan ke depannya harus digali dan dikembangkan," tambah Nasrun.

Sementara, Ketua FORMI Rohul Damri Harun menerangkan FORMI Rohul sudah terbentuk sejak Januari 2017. Selama terbentuk, FORMI Rohul telah menggelar dan mengikuti berbagai pertandingan, baik tingkat Provinsi Riau, nasional, bahkan tingkat internasional.

"Kita beberapa kalinya meraih prestasi. Ini tentunya memacu aktivitas, sehingga ke depannya kita gali bibit olahraga di masyarakat yang selama ini terpendam, kemudian nantinya bila ada pertandingan-pertandingan maka Rohul wajib bertanding," jelas Damri Harun.

Ditanya terkait kurangnya pemahaman permaianan tradisional, Damri menuturkan ke depannya FORMI Rohul akan menggali, termasuk menggelar kegiatan di sekolah-sekolah, baik formal maupun non formal, khsususnya di bidang olahraga di bawah naungan FORMI.

"Kita akan kerjasama dengan sekolah-sekolah yang ada, sehingga olahraga rekreasi di tengah masyarakat bisa terus berkembang," pungkas mantan Sekda Rohul ini.

Kegiatan di sela pelantikan pengurus FORMI Rohul juga mendapat apresiasi dari Sekda Rohul Abdul Haris, juga dipercaya sebagai Pembina FORMI Rohul.

Bahkan Sekda Rohul menyempatkan diri ikut bermain gasing di ruang pelantikan di Gedung Dharma Wanita Permaisuri. Hal ini menambah suasana pelantikan semakin meriah‎.***(zal)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang