Rabu, 5 Desember 2018 17:04

Dukung TMMD Rp5,235 M, Bupati Bengkalis Raih Penghargaan Panglima TNI

Dukungan Pemkab Bengkalis pada Kegiatan TMMD ke-102 wilayah Kodim 0303/Bengkalis yang pusatkan di Kecamatan Pinggir, berbuah penghargaan dari Panglima TNI untuk Bupati Bengkalis Amril Mukminin.

Riauterkini-BENGKALIS- Atas dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis pada Kegiatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 wilayah Komando Distrik Militer (Kodim) 0303/Bengkalis yang pusatkan di Kecamatan Pinggir pada Agustus 2018 lalu, Bupati Bengkalis Amril Mukminin, SE, MM menerima penghargaan dari Panglima TNI.

Penghargaan berupa miniatur tugu prajurit TNI bersama rakyat membangun desa yang terbalut dinding dari kaca. Secara simbolis diserahkan oleh Inspektur Jenderal TNI Letnan Jenderal (Letjen) TNI Muhammad Herindra.

Penyerahan penghargaan tersebut bersamaan dengan kegiatan pembukaan Rapat Paripurna TMMD Tahun 2018 di Gedung Olahraga (GOR) Ahmad Yani, Markas Besar (Mabes) TNI, Rabu (5/12/18).

Selain Kabupaten Bengkalis juga ada dua kabupaten yang mendapatkan penghargaan diantaranya Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara dan Kabupaten Mappi, Provinsi Papua.

Penghargaan tersebut merupakan ucapan terima kasih dan apresiasi dari Panglima TNI karena ketiga kabupaten tersebut memberikan dukungan APBD dengan anggaran yang besar. Kabupaten berjuluk Negeri Junjungan, memberikan anggaran sebesar Rp5.235.385.000,- sedangkan Kabupaten Deli Serdang sebesar Rp4.520.000.000,- kemudian Kabupaten MAPPI sebesar Rp4.000.000.000,

Dalam sambutannya, Inspektur Jenderal, Letjen TNI Muhammad Herindra mengatakan, pelaksanaan TMMD merupakan salah satu kegiatan yang menyentuh dan dirasakan oleh masyarakat. "Saat ini, TNI harus bisa bersama-sama, bahu membahu, serta bergotong royong dengan rakyat, karena TNI tidak berarti tanpa ada rakyat," ujarnya.

Masih kata Letjen Herindra, TMMD yang diselenggarakan pada tiap kabupaten perbatasan, daerah tertinggal dan daerah yang tertimpa bencana, memiliki arti strategis dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

"Dengan adanya TMMD ini mampu membangkitkan semangat gotong royong, menghidupkan kesenian dan budaya daerah, membina jiwa nasionalisme dan cinta tanah air kepada kaum muda, serta membuka jalan dan membuat jembatan. Untuk itu, TMMD ini harus dilaksanakan oleh daerah yang membutuhkan, dan diharapkan pada setiap kabupaten dapat mendukung kegiatan TMMD tersebut," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bengkalis Amril Mukminin usai acara tersebut mengatakan, yang dilakukan Pemkab Bengkalis adalah suatu kewajiban, karena kegiatan TMMD langsung berhubungan dengan masyarakat desa.

"In syaa Alloh pada tahun depan, Kabupaten Bengkalis akan tetap istiqomah dalam mendukung kegiatan TMMD ini," ungkapnya.

Lebih lanjut Amril, kegiatan TMMD sangat membantu Kabupaten Bengkalis dalam mendukung percepatan pembangunan.

"Oleh karena itu, kita sangat mendukung penuh pelaksanaan TMMD, sebab kegiatan ini merupakan program percepatan pembangunan di wilayah pedesaan, terutama diprioritaskan untuk pembangunan wilayah tertinggal," sebutnya.

Turut mendampingi Bupati Bengkalis Amril Mukminin menerima penghargaan itu, Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf. Timmy Prasetya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bengkalis H. Yuhelmi, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Bengkalis, Hendrayana Rohaini, Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bengkalis, Johansyah Syafri, dan Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Bengkalis, H. Alfakhrurrazy.***(dik/inf)


BERITA TERKAIT :

 

Loading...

 

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang