Selasa, 13 Nopember 2018 21:17

Pilkades Serentak di Bengkalis, Tiga Desa Resmi Ajukan Keberatan

Tiga desa pelaksana Pilkades serebtak di Bengkalis ajukan keberatan hasil pemungutan suara. Hasil keberatan antara lain karena faktor daftar pemilih dan terkait adanya dugaan politik uang.

Riauterkini-BENGKALIS- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bengkalis melalui Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Asnurial, AP, M.Si mengatakan bahwa dari lima desa yang berpotensi mengajukan keberatan hasil pemungutan suara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 31 Oktober 2018 lalu, dipastikan hanya tiga desa dan baru dua desa hingga tahapan sekarang ini yang sudah dilaporkan ke DPMD.

Tiga desa yang resmi mengajukan keberatan, adalah Desa Kelapapati, Kecamatan Bengkalis, Desa Sejangat, Kecamatan Bukitbatu, dan Desa Pangkalan Nyirih, Kecamatan Rupat.

"Jadi tahapan berikutnya para calon ini mengajukan keberatannya ke Bupati Bengkalis melalui Camat masing-masing dan itu sudah dilalui kemudian pihak kecamatan melakukan klarifikasi ke masing-masing calon," ungkapnya kepada sejumlah awak media, Selasa (13/11/18).

Kemudian lanjut mantan Camat Bantan ini, dari kecamatan menyampaikan laporan ke Bupati Bengkalis melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) DPMD dan tahapan ini masih sedang berlangsung.

Hingga hari ini, laporan keberatan dari kecamatan ke DPMD ada dua, yakni dari Kecamatan Bukitbatu, Pilkades Sejangat, dan Kecamatan Rupat, Pilkades Pangkalan Nyirih. Sedangkan untuk di Pilkades Kelapapati belum masuk dan sudah diklarifikasi ke kecamatan masih kekurangan berita acara yang belum ditandatangani oleh berbagai pihak di desa.

"Dan setelah semua laporan keberatan Pilkades dari kecamatan ini diterima DPMD akan dibahas bersama oleh kelompok kerja (Pokja) yang sudah ditetapkan oleh Ketua Panitia Pilkades Kabupaten Bengkalis," terangnya.

Dua laporan yang masuk dari kecamatan, keberatan hasil Pilkades itu antara lain karena faktor daftar pemilih dan terkait adanya dugaan politik uang.***(dik)

Foto : Pemungutan suara Pilkades beberapa lalu.


BERITA TERKAIT :

 

Loading...

 

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang