Jum’at, 9 Nopember 2018 16:50

175 Bakal Calon Sudah Mendaftar‎ Sebagai Kades Untuk Pilkades Serentak 2018

PMPD Rohul laporkan ada 175 bakal Kades yang bakal bertarung dalam Pilkades serentak gelombang dua 2018. Jumlah Balon masing-masing desa antara satu hingga lima Balon.

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Sedikitnya 51 desa di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang kedua tahun 2018, akan digelar pada 12 Desember 2018.

‎Berdasarkan data Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) Kabupaten Rohul, pada Pilkades serentak gelombang kedua tahun ini, 175 bakal calon telah mendaftarkan diri sebagai calon Kepala Desa (Kades).

Plt Kepala Dinas PMPD Kabupaten Rohul H Irpan Rido S.Sos, melalui Sekretaris Dinas PMPD Rohul Prasetyo, menerangkan Panitia Pilkades di 51 desa saat ini telah melakukan verifikasi berkas persyaratan terhadap 175 bakal calon Kades.

Data Panitia Pilkades, jumlah bakal calon Kades yang telah mendaftar di masing-masing desa yang melaksanakan Pilkades serentak antara 1 hingga 5 orang. Jadwal seleksi administrasi bakal calon Kades sendiri akan dilaksanakan 12-21 November 2018.

‎Setelah seleksi administrasi, sambung Prasetyo, Panitia Pilkades akan membuat ranking hasil seleksi tambahan, sehingga hasil rekomendasi jadi bahan pertimbangan bagi panitia dalam menetapkan bakal calon menjadi calon Kades yang dijadwalkan 23 November.

Membahas soal biaya, Prasetyo mengatakan dana untuk tahapan hingga Pilkades tahun 2018 dibebankan‎ di APBD Perubahan Rohul 2018 dengan anggaran sekitar Rp 2,5 miliar.

Sedangkan Pilkades gelombang pertama, dana dibebankan ke calon Kades dan sumbangan pihak lain atau pihak ketiga yang tidak mengikat.

Karena sempat menimbulkan polemik, Pemkab Rohul dan DPRD Rohul kembali merubah Peraturan Daerah tentang Pilkades. Dalam Perda baru, seluruh biaya pelaksanaan Pilkades dibebankan ke pemerintah daerah.***(zal)


BERITA TERKAIT :

 

Loading...

 

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang