Kamis, 8 Nopember 2018 13:20

Pangkas 'Kegiatan-kegiatan Kecil' Pemprov Riau Hemat Rp360 Miliar dari 26 OPD

Rasionalisasi anggaran memaksa Pemprov Riau selektif menyusun kegiatan. Salah satu contoh, memangkas 'kegiatan-kegiatan kecil' sejumlah OPD dan dana pun bisa dihemat sekitar Rp230 miliar.

Riauterkini - PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau hemat anggaran sebesar Rp360 miliar dari berbagai kegiatan di 26 Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Penghematan anggaran sebesar Rp360 miliar tersebut berasal dari kegiatan-kegiatan kecil termasuk Alat Tulis Kantor (ATK) di 26 OPD tersebut.

"Sampai kemarin itu sudah 26 OPD hasil dari konsultasi, pencairan, pengusulan pembayaran sekaliigus tunda bayar yang dibicarakan. Temasuk kita mendapatkan penghematan anggaran sebesar Rp360 miliar," kata Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Ahmad Hijazi, Kamis (8/11/18).

Dampak positip dari penghematan anggaran ini, turut memperkecil jumlah defisit belanja daerah sebesar Rp800 miliar yang sampai saat ini terus diupayakan dicarikan solusinya. Dimana defisit anggaran sebelumnya mencapai Rp1,7 triliun.

Selain itu, defisit anggaran juga berhasil diperkecil melalui kegiatan pengendalian belanja. Dari hasil komitmen yang sudah dilakukan oleh OPD tersebut juga telah berhasil menghemat anggaran sebesar Rp600.

"Waktu itu kita masih punya beban defisit sekitar Rp1,7 triliun, dengan itu beban sedikit berkurang menjadi Rp 1,1 triliun. Kemudian ditambah dengan pengematan sebesar Rp360 kemarin, sehinga defisit Rp800 miliar," papar Hijazi.*(mok)


BERITA TERKAIT :

 

Loading...

 

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang