Rabu, 10 Oktober 2018 15:10

Termasuk 6 Pucuk Senpi, Kejari Bengkalis Musnahkan 3,58 Kilogram Narkoba

Kejari Bengkalis memusnahkan 3,58 kg narkoba yang merupakan barang bukti tindak kejahatan. Bersama itu dimusnahkanpula enam pucuk senjata api.

Riauterkini-BENGKALIS- Termasuk 6 pucuk senjata api (Senpi) berbagai jenis, Kejaksaaa Negeri (Kejari) Bengkalis menggelar pemusnahan barang bukti rampasan tindak pidana dan telah memiliki hukum tetap dari 585 perkara kurun waktu tahun 2017 sampai dengan 2018, Rabu (10/10/18) siang.

Barang bukti terbanyak yang dimusnahkan adalah tindak pidana penyalahgunaan Narkoba, jenis sabu dengan berat sekitar 1.253 gram(1,253 Kg), 815 paket, kemudian pil ekstasi 2,09 gram, 944,5 butir, dan 162 pil HP5. Selanjutnya, daun ganja kering 2.327 gram (2,327 Kg), 172 paket.

Kegiatan di Halaman Kantor Kejari, Jalan Pertanian, Bengkalis juga turut dimusnahkan 18 butir peluru, senjata tajam (Sajam) sebanyak 11 unit, serta barang bukti tindak pidana perjudian seperti permainan ding dong, dan ratusan unit HP.

Pemusnahan ini dipimpin langsung oleh Kepala Kejari Bengkalis, Heru Winoto, SH, MH, dan pejabat di lingkungan Kejari Bengkalis. Turut hadir menyaksikan serta melakukan pemusnahan, Staf Ahli Bupati, Haholongan, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Bengkalis, Dr Sutarno, SH, MH, mewakili Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkalis, Heri Pratikno, perwakilan Polres Bengkalis, dan tokoh masyarakat.

Barang barang bukti  Narkoba jenis sabu, pil ekstasi dan sejenisnya dimusnahkan dengan cara diblender. Sedangkan ganja kering dimusnahkan dengan cara dibakar. Barang bukti berupa Senpi, Sajam dan peluru dimusnahkan dengan cara dipotong-potong menggunakan pengelasan api agar tidak bisa dipergunakan, HP dan alat perjudian dirusak terlebih dahulu kemudian dibakar.

Kepala Kejari Bengkalis, Heru Winoto, mengatakan, bahwa barang bukti yang dimusnahkan tersebut menurutnya sudah mempunyai hukum tetap, dan 90 persen didominasi oleh pidana penyalahgunaan Narkoba, dan sisanya adalah kejahatan lainnya.

"Alhamdulillah, seluruh perkara sudah inkrah, dari pada membebani kami untuk operasional dan resiko penyalahgunaan, maka harus segera dilakukan pemusnahan," ungkapnya.

Kesempatan ini Heru berharap, dengan jajaran penegak hukum kepolisian, kejaksaan dan pengadilan terus saling sinergi untuk meningkatkan penegakan hukum di wilayah Kabupaten Bengkalis.

"Dengan pemusnahan ini kedepan diharapkan tidak ada lagi perkara yang sama khususnya Narkoba dengan jumlah yang besar. Sangat dikhawatirkan, semakin hari bukan semakin turun, tetapi intensitasnya semakin tinggi," katanya lagi.*(dik)

Foto : Pemusnahan barang bukti di Kantor Kejari Bengkalis, Rabu (10/10/18).


BERITA TERKAIT :

 

Loading...

 

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang