Senin, 1 Oktober 2018 16:17

Berikut Amanat Bupati Rohul ke Generasi Muda di Hari Kesaktian Pancasila

Bupati Rohul menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Dalam pidatonya, ia menyampaiakn sejumlah pesan untuk para generasi muda.

Riauterkini-PASIRPANGARIAN- Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman mengajak masyarakat, terutama para generasi muda untuk memaknai moment Hari Kesaktian Pancasila bukan hanya sebatas acara seremonial saja, namun harus benar-benar dipahami dan dijadikan dasar dalam bermasyarakat.

Demikian amanat Bupati Rohul Sukiman saat memimpin upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di lapangan Kantor Bupati Rohul di Perkantoran Bina Praja Pasirpangaraian, Senin (1/10/2018).

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dengan tema "Pancasila Sebagai Landasan Kerja Mencapai Prestasi Bangsa‎", dihadiri‎ dari berbagai kalangan mulai prajurit dari Kodim 0313/KPR, personel Polres Rohul, Satpol PP dan Damkar Rohul, pelajar, PNS serta para honorer di lingkungan Pemkab Rohul.

Hadir juga Kapolres Rohul AKBP Muhammad Hasyim Risahondua S.IK, M.Si, Dandim 0313/KPR Letkol Inf Beny Setiyanto, anggota DPRD Rohul, Sekretaris Daerah Kabupaten Rohul H. Abdul Haris S.Sos, M.Si, Kakan Kemenag Rohul Drs. H. Syahrudin M.Sy, serta para tamu undangan lain.

Pada upacara dengan Perwira Upacara Danramil 02 Rambah Kapten Inf Hendra P. Barus, dan selaku Komandan Upacara Danramil 11 Tambusai Kapten Inf Muhammad Fadil, Bupati Rohul Sukiman mengatakan Pancasila memiliki lima ‎sila yang dapat dijadikan dasar dalam bermasyarakat dan bernegara.

Menurutnya, dengan Pancasila Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI tetap rukun dan damai, karena Pancasila juga merupakan dasar dan pemersatu bangsa.

"Nilai-nilai setiap sila harus diterapkan oleh seluruh masyarakat Rokan Hulu, terkhusus bagi para generasi muda, karena nilai-nilai Pancasila sudah sedikit luntur," ajak Bupati Rohul.

Bupati Rohul Sukiman menerangkan generasi muda juga harus melihat ke belakang, serta sejarah kelam yang pernah dialami bangsa Indonesia, dimana penghianatan Partai Komunis Indonesia atau PKI yang berniat merubah ideologi Pancasila, hingga tidak sedikit nyawa jenderal menjadi korban.

Sukiman mengharapkan generasi muda Rohul juga harus tahu sejarah, sehingga ke depan tidak ada terulang lagi kelompok-kelompok yang ingin merubah ideologi Pancasila.

Orang nomor satu di Kabupaten Rohul ini menambahkan, wawasan kebangsaan sangat perlu diterapkan di setiap sekolah, sebab sekarang ini tidak sedikit generasi muda yang mulai melupakan sejarah bangsa Indonesia.

"Saya berharap di momen Hari Kesaktian Pancasila ini kita bisa mengamalkan nilai-nilai Pancasila ‎dalam menjaga keutuhan NKRI," pungkas Bupati Rohul Sukiman.

Selain itu, Bupati Rohul Sukiman mengingatkan kembali seluruh elemen masyarakat di‎ Kabupaten Rohul untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan, sehingga proses pembangunan daerah berjalan sesuai harapan bersama.

Setelah upacara Peringatan Hari Pancasila, Bupati Rohul Sukiman melanjutkan acara di kampus Universitas Pasir Pengaraian (UPP) berlokasi Desa Rambah, Kecamatan Rambah Hilir.‎

Pada acara bertajuk Diskusi Konstruktif Sinergitas Pemerintah Daerah dan Mahasiswa UPP Dalam Percepatan Pembangunan‎, Bupati Rohul Sukiman juga mengajak mahasiswa dan mahasiswi UPP ikut bersumbangsih demi majunya pembangunan daerah.***(adv/hum/zal)


BERITA TERKAIT :

 

Loading...

 

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang