Kamis, 20 September 2018 17:21

Tingkatkan Kualitas,
30 Petugas RSUD Bengkalis Digembleng Pelatihan Komunikasi Efektif

Untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi para pegawainya, RSUD Bengkalis menggelar pelatikan. Sebanyak 30 petugas ambil bagian dalam pelatihan ini.

Riauterkini-BENGKALIS- Untuk meningkatkan kemampuan komunikasi pegawai rumah sakit umum daerah (RSUD) Bengkalis dalam berkomunikasi secara efektif dengan pasien keluarga pasien dan pengunjung, pihak RSUD Bengkalis memberikan pelatihan komunikasi kepada pegawainya. Pelatihan dilaksanakan selama empat hari dan dibagi menjadi dua angkatan.

Hal ini diungkap Wakil Direktur Bidang Pelayanan Rita Puspa, Kamis (20/9/18) siang. Rita mengatakan pelatihan digelar selama empat hari pada pekan lalu.

Rita menjelaskan dua angkatan yang meningukti pelatihan ini terdiri dari 30 orang petugas RSUD Bengkalis setiap angkatan pelatihan komunikasi efektif. Angkatan pertama terdiri dari petugas kasir, admisi, security, cleaning servis.

Sementara angkatan kedua terdiri dari perawat dan tenaga medis lainnya. "Kami selama ini telah melakukan evaluasi, apa yang disampaikan petugas kami betul namun cara menyampaikan yang terjadi kurang betul, sehingga tidak sampai dengan baik ke pasien maupun keluarganya," ungkap Rita.

"Kami melihat selama ini memang komunikasi, yang menjadi hambatan kita. Untuk itu dalam pelatihan komunikasi efektif kami sengaja menghadirkan trainer yang sudah memiliki sertifikat secara nasional.

"Trainer yang dihadirkan sebanyak dua orang. Memberikan materi bagaimana berkomunikasi secara efektif kepada pasien dan pengunjung. Bagaimana pegawai kita bisa bicara dengan baik," jelasnya.

Menurut dia, pihaknya ingin petugas RSUD Bengkalis bisa melakukan komunikasi yang efektif, akurat, lengkap dan komunikatif serta mudah diterima oleh pasien dan keluarga apa yang di sampaikan. Pelatihan yang dilaksanakann pekan lalu pada tanggal 12 sampai 15 September lalu.

"Baru sepekan kita berikan pelatihannya, sampai hari ini implementasi dari pelatihan tersebut memang belum terasa. Namun petugas kita mengatakan pelatihan yang diberikan sangat bagus, untuk itu kita minta diimplementasikan," tambahnya.

Menurut dia, pihaknya akan melakukan evaluasi petugas RSUD setelah mendapat pelatihan komunikasi efektif ini. Kalau memang memberikan perubahan positif terhadap pelayanan akan kembali diulang pelaksanaan pelatihan komunikasi ini.

"Namun saat ini belum bisa kita nilai karena baru seminggu pelaksanaannya. Butuh waktu juga, kalau memang baik akan kita lakukan kembali pememberian pelatihan komunikasi efektif ini," tambahnya.

Menurut dia, ini merupakan upaya peningkatan pelayanan di RSUD Bengkalis. Agar tidak terjadi lagi diskomunikasi antara petugas dengan pasien dan keluarganya, sehingga tindakan medis yang diberikan sampai dengan baik tujuannya kepada pasien dan keluarganya.***(dik/rls)


BERITA TERKAIT :

 

Loading...

 

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang