Jum’at, 14 September 2018 05:50

35 Aparatur Desa di Bengkalis Ikuti Kegiatan "Pers Kawan Bukan Lawan"

PWI Perwakilan Bengklais gelar diskusi dengan aparatur desa. Program Menyapa Desa yang bertema "Pers Kawan Bukan Lawan" diikuti 35 peserta dari 28 desa di Kecamatan Bengkalis.

Riauterkini-BENGKALIS- Sekitar 35 orang aparatur utusan dari 28 desa dan kelurahan di Kecamatan Bengkalis mengikuti kegiatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Bengkalis Menyapa Desa, "Pers Kawan Bukan Lawan", Kamis (13/9/18) petang.

Kegiatan pertama kalinya digelar, dan tanpa dibuka secara simbolis serta berlangsung santai di Aula Kantor Kecamatan Bengkalis, Jalan Panglima Minal ini, tampak hadir Sekretaris Camat (Sekcam) Bengkalis, Rafli Kurniawan, Ketua PWI Perwakilan Bengkalis, Usman Malik, Sekretaris PWI Bakhtarudin, dan sejumlah pengurus.

Kesempatan ini Ketua PWI Bengkalis, Usman Malik mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya diskusi dan saling tukar informasi peran serta fungsi pers atau wartawan sesuai aturan dan ketentuan yang telah diamanahkan dalam undang-undang dan kode etik jurnalistik. Dirinya berharap melalui kegiatan ini aparatur desa memahami peran wartawan yang sesungguhnya.

"Penting kegiatan ini kita lakukan diantaranya meluruskan informasi yang berkembang khususnya di desa tentang profesi wartawan yang sesungguhnya sesuai dengan amanah undang-undang dan kode etik jurnalistik," ungkapnya.

Dihadapan para aparatur desa dan kelurahan ini, Usman juga menegaskan, bahwa keberadaan dan tugas wartawan sebagai kontrol sosial di tengah-tengah masyarakat bukan untuk "menakut-nakuti" dan jurnalis harus menjunjung tinggi etika. Jika terjadi hal demikian itu adalah segelintir oknum wartawan.

"Kalau macam itu (menakut-nakuti dan tidak punya etika, red) silahkan di usir saja pak. Wartawan juga tidak ada merangkap sebagai lembaga swadaya masyarakat (LSM)," katanya lagi.

Sementara itu Sekcam Bengkalis, Rafli Kurniawan menyampaikan, melalui kegiatan PWI Menyapa Desa ini berharap, aparatur yang hadir apa yanf menjadi pemikiran selama ini dapat terjawab setelah mengikuti kegiatan tersebut.

"Apa yang menjadi pertanyaan bapak ibu silahkan disampaikan, merasa pers tidak berpihak kepada kita. Dan kita harus bertanya kembali pers yang mana," katanya.

Rafli juga berharap jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan memiliki insan pers yang jelas, namun tidak dapat bekerja sama dengan baik.

"Dan kalau bisa kita membuat komitmen bersama," tambahnya.***(dik)

Foto : Kegiatan PWI Bengkalis Menyapa Desa "Pers Kawan Bukan Lawan" di Kantor Camat Bengkalis, Kamis (13/9/18).


BERITA TERKAIT :

 

Loading...

 

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang