Kamis, 13 September 2018 15:02

PT.Tasma Puja Perjuangkan Plasma Warga Tiga Desa di Inhu

PT Tasma Puja akan membangunkan kebun plasma seluas 1500 hektar untuk warga tiga desa di Batang Cenaku. Saat ini sedang dalam proses pelepasan lahan.

Riauterkini-RENGAT-Perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Tasma Puja bersedia membangunkan kebun plasma untuk warga tiga desa di Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dengan luas mencapai 1.500 hektar.

Dalam pembangunan kebun plasma tersebut, PT Tasma Puja memberikan sebahagian lahan inti kebun sawitnya kepada warga melalui Koperasi Motah Makmur, selaku pengelola lahan plasma desa Cinaku Kecil, desa Kepayang Sari dan desa Anak Talang. Dimana sebelumnya pembangunan kebun plasma tersebut sempat terkendala akibat lahan yang disediakan warga berada dalam kawasan hutan.

"Saat ini kami sedang melalukan pengurusan izin pelepasan kawasan hutan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), kami juga menunggu pihak KUD Motah Makmur mengurus perizinan agar kami segera membangunkan kebun plasma untuk warga tiga desa," ujar Kepala Bagian Humas PT Tasma Puja, Ardiansyah SH, Kamis, (13/9/18).

Menurutnya, sesuai dengan perjanjian antara PT Tasma Puja dengan pihak tiga desa terjalin kemitraan melalui pola 50 persen untuk kebun plasma (1500 hektar) dan 50 persen untuk kebun inti (1500 hektar). Namun, pembangunan kebun plasma tersebut belum berjalan dengan lancar dikarenakan lahan yang diberikan kepada PT Tasma Puja untuk dibangun kebun bermasalah dengan perizinan.

"Solusinya PT Tasma Puja melepaskan lahan kebun inti seluas 378 hektar untuk masyarakat yang berada di tiga desa tersebut, hal ini dilakukan supaya keberadaan PT Tasma Puja memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk masyarakat," tegasnya.

Selain itu, kata Ardiansyah, PT Tasma Puja juga membagi hasil produksi sawit kepada warga tiga desa sebanyak 17,5 persen yang diperuntukkan bagi warga yang belum mendapat bagian kebun plasma. Ini dilakukan sambil menunggu pihak KUD Motah Makmur selesai mengurus perizinan pembagunan kebun plasma di pemerintahan.

"Kami tetap berupaya memperhatikan kesejahteraan warga tiga desa baik memberikan kebun bahkan membagi hasil produksi dan menyalurkan CSR di tiga desa tersebut," ungkapnya.

Ditambahkanya, PT Tasma Puja melakukan kegiatan operasional berdasarkan izin yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, baik itu Izin Lokasi, Izin Usaha Perkebunan serta mendapatkan lahan melalui proses ganti rugi yang diketahui oleh masing-masing kepala desa yaitu Kepala Desa Cenaku Kecil, Kepala Desa Kepayang Sari dan Kepala Desa Anak Talang sesuai Surat Keterangan Ganti Rugi Garapan yang dikeluarkan tiga kepala desa tersebut. Jelasnya. * (guh)


BERITA TERKAIT :

 

Loading...

 

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang