Kamis, 13 September 2018 12:42

Legislator Nilai Kinerja BRG dan TRGD di Riau Belum Optimal

Keberadaan BRG dan TRGD di Riau dianggap belum optimal. Wakil rakyat minta kinerjanya ditingkatkan.

Riauterkini-PEKANBARU- Anggota Komisi II DPRD Riau, Sugianto sebut, keberadaan Badan Restorasi Gambut (BRG) dan Tim Restorasi Gambut Daerah (TRGD) Provinsi Riau, tidak berfungsi.

Kebijakan pemerintah pusat dalam menyelematkan kawasan gambut dari eksploitasi yang merusak dianggap tidak dijalankan maksimal oleh kedua lembaga tersebut.

"Mandul, percuma pemerintah pusat membuat sebuah regulasi. Khawatirnya, cuman akan menyasar masyarakat kecil dan tidak berlaku buat perusahaan kayu raksasa yang ada di Riau," kata Sugianto kepada wartawan, Kamis (13/09/18).

Ia lantas menjelaskan, ada aturan yang dibuat dan ada kewajiban pemegang HTI untuk menandatangi RKU. Tapi, setelah selesai ditandatangani, sampai hari ini terkesan cuman sekedar stempel.

"Saya mendapat informasi bahwa masih banyak perusahaan di Riau, khususnya dibidang kayu yang tidak mentaati peraturan yang dibuat. Persoalan inilah yang bisa menjadi preseden buruk bagi Provinsi Riau," jelasnya.

Selain itu, juga dianggap akan membahayakan hutan di Riau serta rentan dengan kejadian kebakaran hutan dan lahan.

"Sehingga Riau belum aman dari momok kabut asap. Saya berharap semoga para pemangku kebijakan dan instansi yang terkait segera berbenah dan menerapkan aturan yang dibikin," terangnya.

Lebih lanjut politisi PKB ini sebut, BRG pusat diyakini sudah banyak menggelontorkan anggaran dalam menerapkan kebijakan yang berkaitan dengan gambut.

"Jangan sampai dana habis manfaat tidak ada, terkhusus bagi Dinas Kehutanan kalau pun akan memberikan RKT Tahunan kepada pemilik HTI, harus memperhatikan RKU dan melihat ke lokasi. Jangan sampai kena tipu pemilik perusahaan yang notabenenya cuma mengambil keuntungan sebesar-besarnya tanpa memperhatikan aturan yang ada," tutupnya. ***(ary)


BERITA TERKAIT :

 

Loading...

 

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang