Senin, 20 Agustus 2018 10:58

KPU Gelar Sosialisasi dan Tanggapan Masyarakat Terhadap DCS

Untuk mendapatkan Pemilihan Legislatif yang bersih dan berkualitas, KPU Riau menggelar sosialisasi dan tanggapan terhadap DCS.

Riauterkini-PEKANBARU-Setelah mengumumkan Daftar Calon Sementara (DCS) Anggota DPRD Provinsi Riau beberapa waktu lalu, hari ini KPU Riau menggelar Sosialisasi dan Tanggapan Masyarakat terhadap DCS.

Menurutnya, kegiatan ini dimaksudkan untuk menuju pemilihan legislatif yang bersih dan santun. Untuk itu KPU perlu mendapatkan tanggapan masyarakat terhadap calon wakil wakil mereka yang akan duduk di legislatif.
"Selain kegiatan ini, KPU juga menyediakan box di kantor KPU Riau agar masyarakat bisa memberikan tanggapan langsung ke KPU Riau," terangnya.

Tanggapan masyarakat ini sangat berkaitan dengan proses pencalonan selanjutnya. Tanggapan akan didistribusikan KPU sebagai penyelenggara pemilu kepada partai dan caleg untuk segera dilengkapi.

"Jika tanggapan masih masuk pada 1 hari sebelum masa penetapan, akan kita tanggapi. Jika memang setelah di verifikasi kemudian diplenokan dan ternyata tanggapan itu benar, KPU bisa saja melakukan pencoretan terhadap caleg," katanya.

Sementara itu, komisioner KPU Riau, Abdul Hamid mengatakan bahwa tanggapan masyarakat terhadap DCS memiliki arti penting. Karena terkait dengan tanggapan itu, KPU bisa mewujudkan pileg yang bersih.

"Ada beberapa persyaratan yang bisa menjadi dasar tanggapan. Seperti masalah usia caleg, masalah korupsi, narkoba, pelaku seksual dibawah umur," terangnya.

Ia mencontohkan, seperti seorang Kepala Desa yang nyaleg wajib mundur sesuai dengan ketentuan perundangan. Tetapi saat mendaftar caleg, Kades yang nyaleg belum mundur.

" Nah pada kasus kasus seperti ini di butuhkan tanggapan masyarakat untuk melaporkannya ke KPU sebagai bahan untuk dilakukannya perbaikan perbaikan dan verifikasi kepada calon legislatif," terangnya.

Menurutnya, KPU juga perlu tanggapan dari partai. Terutama untuk kesalahan penulisan nama terhadap caleg.(H-we)


BERITA TERKAIT :

 

Loading...

 

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang