Sabtu, 18 Agustus 2018 10:56

Bupati Serahkan Remisi 407 Napi Lapas Bengkalis

Sebanyak 407 warga binaan Lapas Bengkalis mendapat remisi HUT ke-73 RI. SIK pemotorngan masa hukuman untuk mereka diserahkan Bupati Amril Mukminin.

Riauterkini-BENGKALIS- Empat orang diantaranya langsung bebas, Bupati Bengkalis Amril Mukminin secara simbolis menyerahkan remisi atau potongan masa hukuman pidana kepada 407 orang narapidana (Napi) atau warga binaan Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Kelas IIA Bengkalis sempena Hari Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia (RI), Jum'at (17/8/18) petang.

Sementara 10 orang lainnya hanya menjalani hukuman subsidair karena tidak membayar denda.

Penyerahan remisi langsung oleh Bupati Bengkalis Amril Mukminin berlangsung di halaman dalam Lapas, Jalan Pertanian, turut disaksikan Kepala Lapas Agus Pritiatno, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Bengkalis, Dr. Sutarno, Dandim 0303/Bengkalis dan Kapolres, Kajari Bengkalis diwakili, serta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bengkalis.

Bupati mengatakan, pemerintah memaklumi over kapasitas penghuni Lapas hari ini. Menurut Bupati, pemerintah daerah sangat prihatin, namun untuk membantu pembangunan Lapas masih terkendala lahan yang terbatas.

"Memang kapasitas Lapas kita ini sudah luar biasa hampir 400 persen (kelebihan). Kita akan diskusikan soal ini, kalau tidak ada lahan susah juga kita akan membantu," ungkap Amril Mukminin.

Bupati menegaskan, Pemerintah Bengkalis siap membantu Lapas sesuai aturan yang ada.

"Kita sangat prihatin, melihat kondisi. Bagaimana pun mereka di Lapas juga manusia, warga Indonesia. Tentu akan kita bantu juga sesuai dengan aturan yang ada," katanya lagi.

Usai menyerahkan remisi kepada Napi, Bupati Bengkalis Amril Mukminin menerima penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM atas dedikasi membantu pembangunan Lapas. Selain menerima, Bupati juga memberikan cendramata kepada Kepala Lapas Bengkalis Agus Pratiatno.

Sebelum makan bersama, Bupati dan rombongan berkesempatan meninjau hasil kerajinan warga binaan Lapas sekaligus membeli.***(dik)


BERITA TERKAIT :

 

Loading...

 

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang