Kamis, 9 Agustus 2018 17:45

Remisi Kemerdekaan ke-73 RI, 407 Napi Lapas Bengkalis Terima Remisi

Setiap peringatan HUT RI pemerintah memberikan pemotongan masa hukuman. Untuk 2019 ini sebanyak 407 narapidana di Bengkalis dapat remisi.

Riauterkini-BENGKALIS- Memperingati Hari Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia (RI), 407 orang narapidana (Napi) atau warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bengkalis dipastikan menerima pemotongan masa hukuman atau remisi mulai dari 1 bulan hingga 6 bulan. Untuk tahun ini, 4 warga binaan dinyatakan bebas sedangkan 10 lagi hanya menjalani masa hukuman subsidair atau pengganti karena tidak mampu membayar denda.

Demikian disampaikan Kepala Lapas Kelas IIA Bengkalis, Agus Pritiatno kepada sejumlah wartawan, Kamis (9/8/18).

Dari jumlah yang menerima remisi tersebut, sebelumnya Lapas Bengkalis mengusulkan ke Kementrian Hukum dan Hak Azazi Manusia (Kemenkum HAM) RI sebanyak 407 orang warga binaan.

Alhamdulillah, dari jumlah yang kita usulkan tersebut dikabulkan seluruhnya," ujar Agus.

Dijelaskan Agus, untuk remisi ini diberikan kepada warga binaan yang menjalani masa hukuman tindak pidana umum yakni terpidana pencurian, perkelahian dan beberapa terpidana perampokan, untuk remisi umum satu diusulkan 375 orang yang bakal mendapat remisi 1 bulan sampai 6 bulan, remisi umum dua berjumlah 14 orang bebas. Sedangkan untuk pidana khusus remisi satu berjumlah 29 orang yang terdiri dari tindak pidana korupsi dan narkoba.

"14 orang yang bebas namun dari jumlah tersebut 10 orang belum bisa keluar karena tidak membayar subsidair, sedangkan 4 orang dinyatakan bebas," katanya lagi.

Pria berkumis tipis ini juga berharap, kepada Napi yang mendapatkan remisi yang akan diserahkan secara simbolis pada 17 Agustus mendatang, agar tetap berkelakuan baik selama di Lapas agar tidak menghambat haknya untuk mendapatkan remisi, dan warga binaan yang dinyatakan bebas agar bisa kembali dan diterima di masyarakat serta tidak lagi melanggar hukum.***(dik)


BERITA TERKAIT :

 

Loading...

 

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang