Kamis, 9 Agustus 2018 14:26

BJ Habibie Dorong Tekhnokrat di Indonesia Lakukan Inovasi

Presiden ke-3 Republik Indonesia Prof Dr Ing Burhanuddin Habibie dorong tekhnokrat di tanah air lakukan inovasi dalam berbagai bidang.

Riauterkini - PEKANBARU - Presiden ke-3 Republik Indonesia Prof Dr Ing Burhanuddin Habibie dorong tekhnokrat di tanah air lakukan inovasi dalam berbagai bidang.

Habibie sempat mencontohkan, bagaimana inovasi pembuatan pesawat terbang yang dimotorinya saat mengembangkan pesawat dari Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) yang kini menjelma menjadi PT Dirgantara Indonesia (DI).

"Kita harus bisa dan terus bisa melakukan inovasi. Tidak hanya produk tertentu, berbagai potensi kita harus lakukan," kata Habibie saat membuka acara sekaligus menjadi keynot speaker kegitan seminar ilmiah riset inovasi menuju ekonomi era industri 4.0, di Hotel Labersa, Kamis (9/8/18).

Selain itu, Habibie juga mencontohkan pembudidayaan rumput laut yang banyak terdapat di wilayah Indonesia bagian timur. Indonesia termasuk pengekspor terbesar ke luar negeri termasuk negara tetangga.

Persoalannya, yang bisa dilakukan Indonesia baru sebatas penyediaan bahan baku. Sementara ketika sudah sampai ke negara tetangga langsung diolah, sehingga kualitasnya pun bertambah.

Setelah diekspor kembali ke Eropa, rumput laut olahan itu pun dari negara tetangga itu pun diolah kembali menjadi berbagai produk, termasuk diantaranya untuk kosmetik.

"Kalau sudah begini tentu nilainya jauh lebih besar lagi. Kosmetik itu lalu diimpor oleh Indonesia, yang bahan bakunya berasal dari negeri sendiri. Inilah inovasi," ungkap Habibie.*(mok)


BERITA TERKAIT :

 

Loading...

 

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang