Selasa, 17 Juli 2018 15:51

Tuntut Keadilan, Puluhan Mahasiswa Datangai PN dan DPRD Bengkalis

Sekitar 20 orang mengatasnamakan Gerakan Mahasiswa Peduli Keadilan dari beberapa perhimpunan mahasiswa asal Kabupaten Bengkalis melakukan aksi unjukrasa di Jalan Karimun di depan Kantor Pengadilan Negeri (PN) Bengkalis.

Riauterkini-BENGKALIS- Sekitar 20 orang mengatasnamakan Gerakan Mahasiswa Peduli Keadilan dari beberapa perhimpunan mahasiswa asal Kabupaten Bengkalis melakukan aksi unjukrasa di Jalan Karimun di depan Kantor Pengadilan Negeri (PN) Bengkalis, Selasa (17/7/18).

Berbekal spanduk puluhan massa ini bergerak ke Kantor PN Bengkalis sebagai koordinator Hangki Saputra dan M. Subari alias Mong, menuntut perkara perdata di PN Bengkalis yang diajukan oleh 5 kelompok tani dari Pulau Rupat terhadap PT Marita Makmur Jaya (MMJ) diputuskan seadil-adilnya dan memihak kepada masyarakat.

Sementara itu, Subari mengatakan bahwa unjukrasa ini tidak ditunggangi pihak lain dan independen.

"Kita mau PN Bengkalis, bersifat adil dalam memutuskan sesuatu perkara, agar memberikan hak rakyat maka semua akan selesai. Adanya PT. Marita Makmur Jaya di Pulau Rupat merugikan masyarakat," ungkap Subari kepada sejumlah wartawan usai gelar aksi.

"Tuntutan kami, hanya berikan hak masyarakat maka akan selesai masalah ini semuanya. Karena hak masyarakat hingga saat ini belum ada terberi," katanya lagi.

Penyampaian aspirasi puluhan massa ke PN Bengkalis ini ditemui langsung Ketua Dr. Sutarno. Kesempatan ini, Dr. Sutarno mengapresiasi mahasiswa yang peduli terhadap upaya penegakan hukum di PN Bengkalis. Sutarno juga menjelaskan kepada mahasiswa bahwa keputusan majelis hakim tidak dapat dintervensi oleh siapapun.

"Saya tegaskan bahwa penegakan hukum di PN Bengkalis agar diketahui adik-adik, bahwa tidak ada siapapin yang berhak mengintervensi. Jika ada putusan tingkat pertama tidak diterima silahkan lakukan juga dengan upaya hukum," tegas Sutarno.

Dari pantauan di lapangan, sekitar pukul 11.52 WIB, aksi unjuk rasa di depan Kantor PN Bengkalis selesai dan melanjutkan mendatangi ke Kantor DPRD Bengkalis, Jalan Antara.

Disamping itu, setibanya di Kantor DPRD Bengkalis pada pukul 12.20 Wib, massa aksi masuk keruangan sidang paripurna, namun disana tidak ada satupun anggota Dewan dilokasi Unras.

"Kita akan melihat reaksi DPRD Bengkalis, apa reaksinya masalah ini tentunya DPR Bengkalis tau, macam mana kedepannya besok," tambahnya.

Aksi unjuk rasa ini, mendapat pengawalan dari aparat kepolisian, terlihat Kapolsek Bengkalis AKP Maitertika dan Kasat Shabara AKP Basuki.***(dik)




BERITA TERKAIT :

 

Loading...

 

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang