Senin, 16 Juli 2018 16:58

Propam Mabes Polri Sidak, Kapolresta Pekanbaru Ikut Dites Urine

Tim Div Propam Mabes Polri melakukan sidak ke Polresta Pekanbaru. Sebanyak 724 personel menjalani sejumlah pemeriksaan termasuk tes urine.

Riauterkini-PEKANBARU-Tim Div Propam Mabes Polri melakukan inspeksi mendadak di Polresta Pekanbaru, Senin (16/07/18) siang. Dalam sidaknya tersebut, sebanyak 724 personel menjalani pemeriksaan kelengkapan administrasi keanggotaan Polri, gampol, penegakan disiplin hingga antisipasi penyalahgunaan narkoba melalui tes urine.

Selain para bintara, seluruh pejabat utama di lingkungan Polresta Pekanbaru pun tak luput dari pemeriksaan oleh tim Div Propam Polri. Mulai dari Kabag, Kasat, para Kapolsek, termasuk Kapolresta Pekanbaru.

Menurut Kabag Gaktibplin Div Propam Mabes Polri, Kombes Agung Setiatno, sidak itu sendiri merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Mabes Polri untuk seluruh institusi kepolisian di Indonesia dari tingkat Polda, Polresta sampai ke tingkat Polsek. Dilaksanakan secara bergiliran, Agung menuturkan dalam sebulan setidaknya ada dua Polda yang akan dikunjunginya secara mendadak.

"Kegiatan ini kita lakukan bergiliran ke semua Polda dan jajaran. Sebelum ke Polresta Pekanbaru, paginya kita lebih dulu melakukan pemeriksaan di Polda Riau. Kita cek dan periksa semua KTA, SIM, STNK kendaraan dinas dan pribadi, cara berpakaian serta deteksi dini narkoba. Polda Riau adalah Polda ke enam yang kita datangi," ujarnya kepada riauterkini.com.

Di Polresta Pekanbaru sendiri, dari hasil pemeriksaan administrasi keanggotaan Polri, timnya tidak menemukan pelanggaran. Sementara untuk tes urine, hasilnya baru akan diketahui kurang lebih 2 pekan lagi, maksimal sampai satu bulan.

"Kalau di Polda Riau ada 10 personel yang positif. Tapi kita belum bisa pastikan apakah positif narkoba atau tidak, karena alat yang kita bawa untuk tes urine ini sangat sensitif sekali. Penggunaan suplemen saja bisa terdeteksi, jadi hasilnya akan kita uji lab dulu di Mabes (Polri)," terusnya.

Di lokasi yang sama, Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Susanto menuturkan, kedatangan tim Div Propam Polri tersebut memang cukup mengejutkan. Apalagi dilakukan secara mendadak tanpa pemberitahuan. Namun meski begitu, pamen dengan sapaan akrab Santo ini mengaku sangat mendukung kegiatan itu agar membuat anggota Polri lebih disiplin dan bersih dari segala bentuk pelanggaran maupun tindak pidana.

"Tidak ada pemberitahuan, murni kegiatan mendadak. Saya juga ikut dites urine. Jadi tidak dibeda-bedakan. Ada 724 personel (Polresta Pekanbaru) yang diperiksa," tutupnya.***(gas)


BERITA TERKAIT :

 

Loading...

 

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang