Kamis, 12 Juli 2018 20:52

'Jemput Bola' Terdaftar Pemilih, Panwas Bengkalis Sediakan Posko Bergerak

Panwas Bengkalis menyiapkan Posko pengaduan DPS untuk Pileg dan Pilpres 2019. Posko bergerak tersebut bertujuan menjemput bola agar warga turut aktif.

Riauterkini-BENGKALIS- Panitia Pengawas Pemilu (Panwas) Kabupaten Bengkalis mulai hari ini, Kamis (12/7/18) menyiapkan Posko Pengaduan Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden (Pilpres) yang serentak pada 2019 mendatang.

Pembentukan Posko tersebut merupakan upaya dari Panwas Bengkalis untuk 'jemput bola' dan berinisiatif apabila ada warga yang belum terdaftar sebagai pemilih dan kemudian bisa menjadi pemilih tetap atau DPT. Berdasarkan dari pengalaman pada Pilgubri 2018 beberapa waktu lalu, ada sekitar 6.300 jiwa lebih masyarakat Bengkalis dilaporkan tidak masuk dalam DPT meskipun masih bisa memilih dan masuk pemilih tambahan.

"Artinya Panwas ingin memfasilitasi masyarakat agar dapat menyampaikan hak konstitusinya pada Pemilu serentak 2019 mendatang," ungkap Ketua Panwas Kabupaten Bengkalis, Mukhlasin, Kamis (12/7/18).

Menurut mantan Panwascam Bantan ini, hal mendasar dibentuknya posko pengaduan Panwaslu ini, karena masih banyak masyarakat yang belum masuk atau terdaftar sebagai pemilih tetap. Panwas juga ingin memastikan agar masyarakat terdaftar seluruhnya terdaftar dalam DPT.

Keberadaan posko pengaduan ini akan dilakukan secara bergerak atau berpindah-pindah terutama ke titik keramaian. Seperti di area air mancur, kemudian akan dibuka di Pelabuhan Penyeberangan Air Putih dan beberapa kawasan lainnya. Adanya posko ini masyarakat juga bisa mengecek langsung apakah sudah masuk dalam DPS atau belum.

Terkait dengan jadwal posko pengaduan, disampaikan Mukhlasin akan berlangsung hingga menjelang penetapan DPT Pemilu 2019.

"Kita mengimbau kepada masyarakat untuk dapat memanfaatkan adanya posko pengaduan Panwas ini dapat mengecek apalah sudah terdaftar atau belum. Dan apabila belum terdaftar bisa melapor ke desa langsung atau ke petugas pemungutan suara setempat," imbaunya.

Selain dari datang langsung ke Posko Pengaduan bergerak ini, masyarakat juga dapat menyampaikan informasi ke Panwas Bengkalis melalui sambungan WA/SMS ke nomor 081372897577.***(dik)

Foto : Posko pengaduan Panwas Kabupaten Bengkalis.


BERITA TERKAIT :

 

Loading...

 

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang