Kamis, 12 Juli 2018 18:08

DPRD Riau Minta Dinas ESDM Pro Aktif Urus Utang Pusat untuk Daerah

Komisi IV DPRD Riau sebut ada sejulah anggaran dari Kementerian ESDM yang belum dibayarkan ke daerah. Pemprov diminta pro aktif untuk menagih.

Riauterkini-PEKANBARU- Komisi IV DPRD Riau minta Dinas ESDM Provinsi Riau agar pro aktif dalam menagih sejumlah anggaran dari Kementerian ESDM yang belum dibayarkan ke daerah.

Seperti, anggaran Dana Bagi Hasil (DBH) sebesar 1,9 triliun yang masih tunda bayar dan pajak air permukaan senilai Rp700 miliar yang juga belum dibayar oleh Kementerian ESDM.

"Kita ini telah dibodohi pusat, kita tidak tahu berapa sebenarnya hak daerah," kata Syamsurizal, anggota Komisi IV dalam hearing dengan Dinas ESDM, Kamis (12/07/18).

Senada dengan itu, Husni Thamrin, Ketua Komisi IV menyampaikan, dana DBH Migas merupakan hak Riau. Apabila minyak dari Riau hampir habis demi menyumbangkan devisa negara.

"Itu hak kita, harus didesak supaya dibayarkan pusat. Kita harus berteriak dan kita harus bersama suarakan ini kepada pusat," ujar Ketua Fraksi Gerindra Sejahtera ini.

Sementara itu, Noviwaldy Jusman, Wakil Ketua DPRD Riau yang hadir dalam hearing mengatakan, seluruh elemen masyarakat Riau harus kompak agar apa yang menjadi hak Riau, dibayarkan pemerintah pusat.

"Kita di Riau semuanya harus kompak seperti Sumbar, mereka itu kompak baik pemerintah provinsi maupun DPR mereka sehingga mereka banyak dapat anggaran dari pusat," jelasnya. ***(ary)


BERITA TERKAIT :

 

Loading...

 

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang