Sabtu, 9 Juni 2018 22:11

16 Parpol Peserta Pemilu di Bengkalis Ikuti Sosialisasi Pencalonan dan Silon

16 parpol peserta Pemilu serentak April 2019 mendatang di Kabupaten Bengkalis, mengikuti kegiatan sosialisasi pencalonan dan aplikasi pencalonan (Silon) legislatif ditaja KPU setempat.

Riauterkini-BENGKALIS- 16 partai politik (Parpol) peserta pemilihan umum (Pemilu) serentak April 2019 mendatang di Kabupaten Bengkalis, mengikuti kegiatan sosialisasi pencalonan dan aplikasi pencalonan (Silon) legislatif ditaja Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkalis, Sabtu (9/6/18) pagi.

Kegiatan sosialisasi sehari ini, berlangsung di Aula Kantor KPU Kabupaten Bengkalis, Jalan Pertanian. Masing-masin Parpol mengirimkan tiga (3) orang peserta yang terdiri dari, pimpinan Parpol, LO dan Operator.

Kegiatan ini resmi dibuka Ketua KPU Kabupaten Bengkalis Defitri Akbar, didampingi empat (4) anggota KPU lainnya sekitar pukul 10.00 WIB.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Bengkalis Defitri Akbar menjelaskan, tentang jadwal pendaftaran Calon Legislatif (Caleg) akan dibuka mulai tanggal 4 Juli 2018 mendatang.

Masing-masing Parpol dapat mengajukan bakal calon legislatif (Bacaleg) pada enam (6) daerah pemilihan (Dapil) yang telah ditetapkan di Kabupaten Bengkalis. Yakni, Dapil Bengkalis 1 (Kecamatan Bantan-Bengkalis) 10 kursi, Dapil Bengkalis 2 (Bukitbatu-Siakkecil-Bandar Laksamana) 5 kursi, Dapil Bengkalis 3 (Pinggir-Talang Muandau) ada 7 kursi, Dapil Bengkalis 4 (Kecamatan Mandau) 12 kursi, Dapil Bengkalis 5 (Bathin Solapan) ada 7 kursi dan Dapil Bengkalis 6 (Kecamatan Rupat-Rupat Utara) ada 4 kursi.

"Dalam proses pencalonan akan menggunakan aplikasi pencalonan atau Silon dan wajib dilaksanakan oleh Parpol. Oleh karena itu selain sosialisasi juga diberikan bimbingan teknis (Bimtek, red) operator Silon Parpol," ungkap pria yang akrab disapa Dedek ini kepada wartawan, Sabtu (9/6/18) petang.

Selanjutnya, materi sosialiasi kegiatan tersebut disampaikan oleh Anggota KPU Kabupaten Bengkalis Divisi Teknis, Drs. Syuib Usman menyatakan, pada saat ini masih menunggu pengundangan Peraturan KPU (PKPU) tentang Pencalonan di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI.

"Namun mengingat tahapan penginputan bakal calon dimulai sebelum 30 hari pendaftaran calon, maka KPU menyosialisasikan pencalonan berdasarkan draft PKPU Pencalonan," imbuh Syuib.***(dik)

Foto : Kegiatan sosialisasi pencalonan dan Silon legislatif di Kantor KPU Bengkalis, Sabtu (9/6/18) siang.


BERITA TERKAIT :

 

Loading...

 

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang