Senin, 16 April 2018 16:46

Kabupaten Rohul Bakal Punya Pabrik Semen, Lokasinya di Rokan IV Koto

Bupati H. Sukiman mengaku Kabupaten Rohul punya potensi banyak jenis pertambangan‎. Selain batubara, di daerah berjuluk Negeri Seribu Suluk ini juga ada batu gamping yang bisa diolah menjadi semen.

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN– Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman mengaku Kabupaten Rohul punya potensi banyak jenis pertambangan‎. Selain batubara, di daerah berjuluk Negeri Seribu Suluk ini juga ada batu gamping yang bisa diolah menjadi semen.

Hal tersebut terungkap pada‎ pemaran kerja rencana penambangan batu gamping dan pembangunan pabrik semen merah putih oleh Bupati Rohul Sukiman, dihadiri perwakilan dari Cemundo Gemilang dan PT. Gawa Sentosa Jaya di rumah dinas Bupati Rohul, Senin (16/4/2018).

Bupati Sukiman mengaku dari pertemuan tersebut, diperkirakan tidak lama lagi akan dibangun pabrik semen di Kecamatan Rokan IV Koto, memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di Kabupaten Rohul.

“Selama seminggu saya di Jakarta, untuk mencari investor pabrik semen. Alhamdulillah kita sudah dapat, dan kini tinggal membicarakan bagaimana teknis kerjasamanya," ungkap Bupati Sukiman.

Diakuinya, investor telah memaparkan bagaimana teknis pertambangan yang akan dilakukan, termasuk sistem kerjasamanya kepada para dinas terkait yang hadir.

Ditanya kapan pabrik semen rencananya mulai dibangun di Kecamatan Rokan IV Koto, Bupati Rohul Sukiman mengaku pada prinsipnya Pemkab Rohul tidak akan menpersulit. Terpenting kerjasama pembangunan pabrik semen harus sesuai hukum dan tidak berada di areal hutan lindung.

"Untuk infrastruktur jalan di lokasi pabrik juga harus dibangun bagus. Para pekerja sebagian harus direkrut dari orang tempatan," kata Sukiman.

Bupati Rohul Sukiman meminta pihak investor yang akan membangun pabrik semen di Rokan IV Koto, nantinya juga ikut membina klub sepak bola di bawah naungan PSSI Rohul sehingga menjadi klub yang tangguh, dan bisa masuk liga, berprestasi di tingkat nasional dan internasional.***(zal)


BERITA TERKAIT :

 

Loading...

 

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang