Senin, 16 April 2018 15:05

Warga dan Perusahaan Diminta Kompak,
Bupati Rohul Tanam Perdana Pohon Aren di Desa Rokan Timur

Bupati Rohul H. Sukiman menghadiri acara penananaman perdana pohon aren di kebun keltan Desa Rokan Timur, Kecamatan Rokan IV Koto. Ia berpesan agar masyarakat dan perusahaan saling jujur dalam membangun kerja sama.

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman menghadiri acara penananaman perdana pohon aren di kebun milik kelompok tani di Desa Rokan Timur, Kecamatan Rokan IV Koto, Senin (16/4/2018).

Pada penanaman perdana di Kebun Aren Desa Rokan Timur tersebut, Bupati Sukiman didampingi istrinya juga Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Rohul Hj. Peni Herawati, serta para Kepala Dinas dan Kepala Badan di lingkungan Pemkab Rohul.

Pada penanaman perdana tersebut, Bupati Rohul Sukiman meminta kepada perusahaan dan warga Desa Rokan Timur harus saling jujur dalam membangun kerjasama.

"Kunci keberhasilan suatu kerjasama antara masyarakat dan perusahaan adalah kejujuran, kalau jujur saya yakin masyarakat akan menerima hasilnya," sampai Bupati Sukiman, sebelum penanaman pohon aren perdana.

Selain itu, Bupati Rohul Sukiman juga mengharapkan perusahaan dan masyarakat harus saling bekerjasama demi terciptanya mitra yang baik, dan saling menguntungkan ke depannya.

Bukan itu saja, Sukiman juga menghimbau kepada masyarakat dan perusahaan untuk tetap kompak, tidak sampai terjadi konflik di kemudian hari yang berpotensi memecah belah, apalagi sampai jatuh korban.

"Yang penting jujur-jujur sajalah, supaya kebun aren yang dibangun bersama-sama ini bermanfaat bagi kita semua," harapnya.‎

Adanya perkebunan aren ‎di Desa Rokan Timur ini, Bupati Sukiman juga mengharapkan kebun ini dapat menopang perekonomian masyarakat sekitar, sehingga taraf hidup atau ekonomi masyarakat tempatan terus meningkat.

"Semoga dengan adanya kebun aren ini bisa menjadikan Desa Rokan Timur semakin dikenal masyarakat luas dan meningkatkan perekonomian masyarakatnya," harapnya lagi.

Masih di tempat sama, Mahardi selaku perwakilan Riau mewakili PT. Mohas Resty Kolaka menerangkan di tahap awal, bibit pohon aren yang ditanam sebanyak 10 ribu pohon di atas lahan sekira 50 hektare.

Ia mengungkapkan setelah berusia antar 5 tahun atau 6 tahun, pohon aren yang ditanam bersama ini sudah bisa dilakukan pemanenan, dengan estimasi 15 liter per pohon.

Untuk kerjasama pembangunan kebun aren, diakui Mahardi menggunakan pola kemitraan atau KKPA. Selain pohon aren, mereka juga akan menanam pohon kelapa di atas lahan 50 hektare tersebut.‎

"Jadi polanya nanti KKPA, nantinya penananmannya juga tidak hanya aren saja, melainkan juga pohon kelapa," tandas Mahardi.***(advhum/zal)


BERITA TERKAIT :

 

Loading...

 

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang