Senin, 16 April 2018 13:56

Bupati Kuansing Serukan Satpol PP dan Satlinmas Indahkan Imbauan Mendagri

Bupati Kuansing menghadiri peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas. Dalam kesempatan itu, ia mengimbau kedua lembaga itu untuk mengindahkan imbauan Mendagri, khususnya terkait Pilkada.

Pekanbaru - Peringatan HUT Satpol PP ke-68 dan Satuan Perlindungan Masyarakat ke-56 Tahun 2018 tingkat Provinsi Riau dipusatkan di halaman kantor Gubri di Pekanbaru, Senin (16/4/2018). Hadir pada peringatan tersebut Plt. Gubri Drs. Wan Thamrin Hasyim dan jajaran Forkompinda Riau, Bupati dan Walikota se Provinsi Riau serta jajaran Satpol PP Provinsi Riau dan kabupaten/kota se Provinsi Riau.

Mendagri Tjahyo Kumolo dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Gubri Drs. Wan Thamrin Hasyim menyampaikan bahwa Peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas tahun ini pelaksanaannya bersamaan dengan momentum pelaksanaan pilkada serentak tahun 2018 yang diikuti 171 daerah di Indonesia, meliputi 17 provinsi dan 154 kabupaten/kota.

Sehubungan dengan penyelenggaraan pilkada serentak itu, Mendagri kata Plt. Gubri meminta kepada jajaran Satpol PP untuk turut membantu dan memberikan pengawalan terhadap penyelenggaraan pilkada serentak itu agar pelaksanaannya dapat sukses terselenggara.

Mendagri, kata Plt. Gubri juga menekankan empat poin penting yang harus dipegang teguh dan dilaksanakan oleh jajaran korps Satpol PP dan Satlinmas bersempena peringatan Hut Satpol PP ini.

Pertama, Satpol PP sebagai ASN harus bertindak netral dalam memberikan pelayanan publik dan bebas dari intervensi politik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sebagaimana diperintahkan oleh UU ASN.

Kedua, Satpol PP sebagai penyelenggara ketertiban umum dan ketentraman serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat harus bersikap proaktif di dalam mencermati dinamika diwilayah masing-masing untuk menjaga stabilitas menjelang pilkada serentak ini.

Ketiga, terhadap anggota Satlinmas diminta proaktif melakukan pengamatan situasi dan kondisi di wilayah daerah masing-masing dalam rangka deteksi dini dan cegah dini terhadap gangguan ketentraman dan ketertiban umum.

Keempat, anggota Satlinmas diharapkan bertugas secara optimal membantu petugas KPPS pada saat hari pungutan suara agar berlangsung dengan aman, tertib dan tenteram.

Bupati Kuansing dikesempatan ini memberikan selamat kepada jajaran Satpol PP yang sedang berulang tahun. Dia meminta khususnya kepada jajaran Satpol PP Kuansing agar mengindahkan seluruh himbauan yang disampaikan Mendagri Tjahyo Kumolo dalam amanatnya pada peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas tersebut agar keamanan dan ketertiban umum di Kabupaten Kuansing menjelang dan setelah pilkada nanti tetap baik dan kondusif.***(dri/rls)


BERITA TERKAIT :

 

Loading...

 

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang