Selasa, 13 Pebruari 2018 15:53

Kirim Radiogram,
Mendagri Perintahkan Segera Lantik Para Pjs dan Plt Kepala Daerah Ikut Pilkada

Riau diperintahkan segera melantik para penjabat sementara dan pelaksana tugas kepala daerah yang segera menggelar pilkada serentak.

Riauterkini - PEKANBARU - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kirimkan surat kawat atau radiogram kepada provinsi yang melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak termasuk Riau.

Isi surat kawat tersebut, meminta dengan segera melaksanakan pelantikan Penjabat Sementara (Pjs) Bupati/Walikota, paling lambat 14 Februari atau besok. Surat kawan itu sendiri dengan nomor T.131/1209/Otda.

Di Riau sendiri, dari empat peserta Pilkada serentak tiga pasang calon Gubernur Riau yang akan bertarung masih berstatus masih menjabat bupati dan walikota. Seperti Firdaus (Walikota Pekanbaru), Syamsuar (Bupati Siak) termasuk Gubernur Riau petahana Arsyadjuliandi Rachman. Untuk calon Wakil Gubernur hanya Suyatno yang menjabat Bupati Rokan Hilir. Sedangkan Lukman Edi berasal dari anggota DPR RI.

Para calon kepala daerah yang maju sebagai calon Gubernur Riau tersebut, diwajibkan cuti diluar tanggungan selama tiga bulan, terhitung 15 Februari.

Selain di tingkat provinsi, Pilkada serentak yang akan dilaksanakan di Kabupaten Indragiri Hilir juga demikian. Karena, Bupati dan Wakil Bupatinya sama-sama maju untuk merebut kursi nomor satu di Negeri seribu parit tersebut, maka otomatis akan isi seorang Penjabat.

Ada pun untuk nama-nama calon Penjabatnya sudah diusulkan sebelumnya, oleh Gubernur Riau sebanyak tiga orang. Diantaranya Kepala Dinas Pendidikan Rudyanto, Kepala Dinas Pariwisata Fahmizal Usman.

Namun belum ada keterangan apakah pelantikan yang akan digelar besok itu, juga akan melantik Sukiman sebagai Bupati definitif Rokan Hulu, menggantikan Suparman karena tersandung kasus hukum.

Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sudarman, saat dihubungi melalui telephon selulernya tak menjawab. Sementara melalui stafnya Kabid Otonomi Daerah mengaku sedang rapat di Kemendagri. Tidak ada penjelasan lebih lanjut.

Sementara di Balai Serindit Gedung Daerah sendiri saat ini memang sudah dipersiapkan kursi dan meja untuk pelantikan. *(mok)


BERITA TERKAIT :

 

Loading...

 

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang