Selasa, 13 Pebruari 2018 07:43

Memasuki Musim Panen Raya, Dewan Minta Bulog Menyerap Padi Petani

Saat ini sejumlah sentra padi di Riau memasuki musim panen raya. Karena itu, wakil rakyat meminta Bulog menyerap hasil penan tersebut untuk melindungi petani dari tengkulak.

Riauterkini-PEKANBARU- Anggota Komisi II DPRD Riau Sugianto minta Bulog Divisi Regional Riau dan Kepulauan Riau untuk menyerap produksi petani pada saat panen raya padi tahun ini. Musim panen sendiri diperkirakan terjadi di bulan ini dan Maret.

"Bulog diharapkan berperan aktif menampung hasil gabah dan beras petani saat panen raya. Kita lihat sejauh mana keseriusan Bulog ini sehingga petani Riau terbantu dan dapat bersaing secara harga," kata Sugianto, anggota Komisi II kepada wartawan, Senin (12/02/18).

Selain itu, Bulog dituntut melakukan antisipasi untuk memutus mata rantai tengkulak yang kerap merugikan petani Riau. Sehingga dengan menjual langsung kepada Bulog sesuai harga pembelian pemerintah, diharapkan petani dapat memperoleh keuntungan.

"Para tengkulak ini kan melakukan politik dagang, gabah diambil dari petani kita diolah disana kemudian dijual lagi ke Riau, tentu petani merugi. Kita minta bulog dapat mengansipasi praktek-praktek tengkulak ini," terangnya.

Lebih lanjut politisi PKB ini katakan, ketahanan pangan di Riau masih jauh dari kemandirian. Di Riau, hanya 35 persen kebutuhan beras dapat terpenuhi sementara 65 persen dipasok dari provinsi tetangga.

"Dinas pertanian kami minta evaluasi lagi programnya karena di lapangan amburadul. Diinvestarisir lahan peruntukan sawah, anggaran pembuatan sawah, penanaman dan pemupukan cukup besar," tutupnya. ***(ary)


BERITA TERKAIT :

 

loading...

 

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang