Kamis, 8 Pebruari 2018 16:39

Baru Saja Bupati Ikuti Rakornas Karlahut, Kabupaten Pelalawan Mulai Berkobar

Seiring datangnya musim panas, sejumlah titik api mulai bermunculan. Termasuk di Pelalawan, tepatnya di Sebekik, Teluk Meranti.

Riauterkini-PANGKALANKERINCI- Kabupaten Pelalawan mulai berkobar. Hal tersebut menyusul kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) melanda disebagian kecil wilayah kecamatan Teluk Meranti, tepatnya di Sebekik, berdekatan langsung dengan lahan milik salah satu perusahaan HTI terbesar.

Kobaran api ini, terjadi setelah bupati Pelalawan HM Harris baru saja mengikuti Rakornas Karlahut dengan seluruh kepala daerah bersama presiden Jokowi di istana negara Jakarta pekan kemarin.

Mengetahui terjadinya kebakaran ini, mendadak bupati Pelalawan HM Harris Kamis (8/2/18) langsung bertindak sigap. Bersama Kapolres AKBP Kaswandi Irwan, terbang menggunakan satu unit helikopter milik Sinar Mas Group.

Pucuk pimpinan kepala daerah ini, memantau titik api dari jendela helikopter berwarna oranye tersebut dari atas udara wilayah kabupaten Pelalawan.

Usai memantau dari udara, wartawan riauterkini.com sempat mewancarai bupati Harris yang didamping Kapolres Pelalawan. Dalam penjelasannya, Harris berterus terang telah terjadi Karlahut di kecamatan Teluk Meranti.

"Dari pemantauan udara tadi, tampak telah terjadi Karlahut. Diperkirakan lahan yang terbakar diatas empat hektaranlah," terang Harris.

Lokasi lahan tersebut kata Harris berada di kecamatan Teluk Meranti, tepatnya di Sei Bekik. Dari pengamatan tadi lahan tersebut lahan kosong milik warga.

Sementara itu, Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan menambahkan, peristiwa Karlahut ini sudah terjadi beberapa hari yang lalu. Namun, pihaknya dari anggota Polsek Teluk Meranti dan instansi terkait sudah berjibaku berusaha memadam kobaran api.

Bahkan imbuh Kapolres saat ini anggota pemadaman Karlahut ini dari berbagai instansi bertahan dilokasi. Tidak itu saja, ia juga meminta bantuan 'waterboming' dari helikopter milik Sinarmas Group.***(feb)


BERITA TERKAIT :

 

loading...

 

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang