Selasa, 14 Nopember 2017 20:29

Festival Ritual Mandi Safar Pulau Rupat, Bengkalis Dibuka Gubri

Festival Ritual Mandi Safar berlangsung di Pantai Tanjung Lapin, Bengkalis resmi dibuka Gubenur Riau. Meski sempat terguyur hujan, acara berjalan semarak dan lancar.

Riauterkini-BENGKALIS- Dibuka Gubernur Riau (Gubri) Arsyadjuliandi Rahman, Selasa (14/11/17), Festival Ritual Mandi Safar berlangsung di Pantai Tanjung Lapin, Desa Tanjung Punak, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis berlangsung semarak.

Walaupun pagi harinya sempat diterpa hujan, pelaksanaan ritual berlangsung semarak.

Perhelatan tahunan ini, ratusan warga setempat antusias menyaksikan acara inti yakni prosesi Mandi Safar secara simbolis terhadap anak-anak oleh Gubri Arsyadjuliandi Rahman dan Bupati Bengkalis Amril Mukminin.

Festival ini tidak hanya ritual Mandi Safar, kegiatan ini juga disuguhkan berbagai pertunjukan seni budaya, pertunjukannya tarian bernuansa Melayu oleh sanggar dan penampilan musik dari Sanggar Senduduk Putih pimpinan Usman.

Kesempatan ini, Bupati Amril Mukminin menyampaikan, kegiatan ritual Mandi Safar, merupakan salah satu upaya Pemkab Bengkalis untuk mempromosikan potensi wisata yang ada di Pulau Rupat.

Lebih lanjut mantan Kepala Desa Muara Basung mengatakan, kegiatan Festival Mandi Safar, tidak hanya sekedar acara ritual tahunan. Namun tak kalah penting, sebagai upaya melestasikan tradisi dan khasanah yang dimiliki masyarakat, terutama di Rupat Utara.

Terlebih-lebih, kawasan Rupat Utara yang memiliki keindahan pantai pasir putih 'berbisik', telah ditetapkan sebagai kawasan destinasi nasional. Untuk itu perlu upaya untuk menggali seluruh potensi yang ada, seperti potensi budaya, kuliner maupun adat istiadat setempat.

“Apalagi di Rupat Utara, punya berbagai aneka budaya. Ini merupakan modal utama untuk dijual kepada wisatawan yang bakal datang,” ungkap Amril.

Untuk menjadi kawasan tujuan wisatawan, selain didukung dengan infrastruktur yang memadai, seperti jalan dan sarana pendukung, juga harus ditopang dengan kesiapan sumber daya manusia (SDM).

Amril juga meminta masyarakat di kawasan wisata, untuk menyiapkan diri, mulai dari keterampilan atau keahlian, seperti membuat kerajinan maupun cenderamata untuk oleh-oleh wisatawan.***(dik)

Foto : Gubri Arsyadjuliandi Rahman menyiramkan air ke anak dalam ritual Festival Mandi Safar di Pantai Tanjung Lapin, Rupat Utara, Selasa (14/11/17).



BERITA TERKAIT :

 

loading...

 

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang