Selasa, 14 Nopember 2017 12:36

Tiga Terdakwa Korupsi BTT Pelalawan Disidangkan

Perkara dugaan korupsi dana bantuan tidak terduga atau BTT Pemkab Pelalawan mulai bergulir ke proses pembuktian. Tiga terdakwa disidang.

Riauterkini-PEKANBARU-Dua PNS dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Pelalawan, Lahmudin dan Kasim, serta serta seorang dari pihak swasta yang terjerat perkara korupsi Bantuan Tak Terduga (BTT). Selasa (14/11/17) siang mulai menjalani sidang di Pengadilan Tpikor Pekanbaru.

Sidang dengan agenda pembacaan dakwaan perkara itu. Ketiga terdakwa yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Abu Abdul Rahman SH, tampak mengenakan rompi putih bertulisan Tahanan Kejari Pelalawan.

Berdasarkan dakwaan JPU dalam persidangan yang dipimpin majelis hakim Bambang Myanto SH. Diketahui perbuatan ketiga terdakwa itu terjadi tahun 2012 lalu.

Saat itu di Dinas DPPKAD Pelalawan, dipos kan anggaran untuk kebutuhan tak terduga, seperti penyaluran bantuan untuk bencana alam atau bantuan yang bersifat sosialitas kemasyarakatan

Namun, dana yang disalurkan tersebut tidak tepat sasaran, yang sarat terjadi penyimpangan atau penyelewengan dalam menyalurkan bantuan yang umumnya bersifat fiktif.

Perbuatan Lahmudin, selaku Kepala DPPKAD dibantu Kasim, seorang PNS Pelalawan dan Andi Suryadi dari pihak swasta telah merugikan keuangan negara sebesar Rp 2,4 Miliar," terang JPU.

Atas perbuatannya, ketiga terdakwa dijerat Pasal 2 ayat 1 jo Pasal 3 juncto Undang Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan Undang Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP," tegas JPU.

Usai dakwaan dibacakan, majelis hakimpun menunda sidang selama sepekan dengan agenda eksepsi dari terdakwa.***(har)



BERITA TERKAIT :

 

loading...

 

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang